Disertifikasi, Ikuti Standar Kafe dan Resto

 
MALANG –  Kian pesatnya pertumbuhan industri kuliner di Malang Raya saat ini menuntut para pengusaha  kuliner harus bersaing ketat. Tetapi, tidak pernah mengabaikan pesatuan dan kesatuan mereka   dalam wadah  Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Malang.
Ketua  Apkrindo Malang Indra Setiyadi menjelaskan, Apkrindo punya  peranan penting dalam  pengembangan bisnis kuliner dengan melakukan training untuk karyawan dan sertifikasi tenaga professionalnya.
Tidak kalah pentingnya, melalui Apkrindo  mereka dapat memperoleh bantuan dalam hal jasa konsultasi dan perizinan pendirian resto, dan lainnya. Serta, dapat mengikuti berbagai program khusus  seperti mengikuti misi dagang ke luar negeri, pameran dagang, pelatihan ke luar negeri, melakukan promosi pemasaran bersama dan sebagainya.
‘’Di Malang  sekarang ada sedikitnya 400 kafe dan resto. Jumlah tersebut pasti terus bertambah lagi. Kami punya tanggung jawab untuk terus memajukan industri kuliner di daerah ini dalam berbagai hal,’’ paparnya kepada Malang Post, usai syukuran HUT ke-4 Apkrindo Malang di Rumah Makan Kertanegara, Kamis (5/10) kemarin.
Ditambahkan, Apkrindo juga berfungsi sebagai jujugan sharing ilmu bagi para pengusaha kuliner. Mereka tidak hanya bertemu, tapi  dapat membicarakan banyak hal.
Misalnya, persiapan sertifikasi kafe dan resto, cara meningkatkan kualitas masakan, info pelatihan kuliner, mengadakan pelatihan manajemen resto serta sederet kegiatan lain.
‘’Kami sambut positif  pelaksanaan sertifikasi kafe dan resto ini.  Kami telah dan akan terus menggelar  program pelatihan.Termasuk pelatihan auditor untuk mengikuti standar kafe dan resto dari  pemerintah,’’ urai Indra Setiyadi.
Pria ramah ini menilai, keberadaan auditor pun penting untuk mengikuti standar kafe dan resto dari pemerintah.Sebagaimana dituangkan dalam Undang-Undang Permenparkekraf No 11 Tahun 2014 dan Pergub Jatim No 56 Tahun 2015,maka auditor menjadi salah satu kunci dari keberhasilan resto untuk dapat menerima sertifikasi dari pemerintah.
‘’Terkait sertifikasi  kafe dan resto ini, kami juga terus melakukan sharing dengan rekan-rekan yang lain. Agar wadah Apkrindo Malang semakin maju dalam semua hal. Dan menjadi organisasi  yang semakin menyatukan seluruh pebisnis kuliner di Malang Raya,’’ pungkasnya. (nug/red)

Berita Terkait