Ditabrak, Tiang Pengaman Rel KA Buk Gluduk Hampir Roboh


MALANG - Tiang pembatas yang menjadi pengaman rel pelintasan kereta api di jembatan Buk Gluduk, Selasa (18/6) siang hampir roboh. Akibatnya jalan dibawah jembatan dari Jalan Trunojoyo ke Jalan Panglima Sudirman ditutup sementara. Hanya saja, kerusakan itu tidak sampai merusak konstruksi jembatan rel KA.
Kereta api yang melintas rel di atas jembatan tidak terganggu dan tetap berjalan melintas seperti biasa. Hanya pagar pembatas yang rusak. Dikonfirmasi mengenai hal ini, Humas PT KAI Suprapto menjelaskan, penyebab rusaknya tiang tersebut akibat di tabrak truk.
“Tiang pengaman jembatan kereta api ditabrak truk. Pelakunya kabur,” kata Suprapto dikonfirmasi Malang Post.
Dikatakannya, kejadian terjadi pukul 10.00 WIB pagi. Truk melintas dari arah Stasiun Kotabaru hendak melintas di bawah jembatan itu. Hanya saja, truk kehilangan kendali sehingga menabrak tiang pengaman yang sengaja untuk melindungi konstruksi jembatan rel KA. Hal ini disampaikannya menurut keterangan beberapa saksi mata warga sekitar.
Suprapto menjelaskan, ketika menabrak tiang besi baja itu, sopir truk tidak berhenti atau menepi. Melainkan langsung tancap gas tanpa memperdulikan kerusakan tiang pengaman jembatan rel KA.
“Rencana besok pagi (pagi ini,red) petugas akan memperbaiki langsung,” tegas Suprapto.
Meski ditabrak oleh pengemudi truk yang tidak bertanggungjawab, PT KAI belum merencanakan melaporkan kejadian untuk diproses hukum. Ia menegaskan lagi jika efek tubrukan tidak signifikan dan tidak mengkhawatirkan jalannya lintasan kereta.
Perbaikan akan diselesaikan dalam satu hari. Jalan dibawah jembatan ditutup sementara agar tidak ada pengendara yang melintas dibawahnya.
Sementara itu Kepala Stasiun Kotabaru Malang Radne Tulad menjelaskan, kejadian pagi itu tidak menyebabkan gangguan terhadap jalur lintasan atau jadwal lalu linta kereta ke stasiunnya.
“Tidak ada yang terganggu semua lancar sejak pagi tadi hingga tadi sore,” ungkapnya singkat.
Dikatakannya PT KAI Daop 8 sudah berkoordinasi untuk melakukan tindakan perbaikan. Ia mengatakan akan segera berkoordinasi dengan jajarannya untuk turut memantau perbaikan lintasan kereta di jembatan Buk Gluduk tersebut. (ica/aim)

Berita Terkait