Dorong Partisipasi Para Lansia


MALANG - Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang menggelar Musrenbang Lansia di Hotel Savana, Selasa (12/2).
Musrenbang lansia ini diikuti Perangkat Daerah, TP PKK Kota Malang, perwakilan dari beberapa yayasan, organisasi masyarakat dan komunitasyang peduli terhadap Lansia, Forum kerjasama Karang Werdha Kecamatan dan Forum Komunikasi Karang Werdha Kota Malang.
Musrenbang ini diharapkan mampu meningkatkan peran masyarakat lanjut usia dalam pembangunan Kota Malang ke depan. Hal ini sesuai penyampaian Ketua Komda Lansia Kota Malang H Sofyan Edi Jarwoko, jika masyarakat lanjut usia merupakan pilar negara.
‘’Para lanjut usia ini juga adalah para senior-senior kita yang telah banyak berjasa dalam ikut serta membangun bangsa dan negara sesuai bidang masing-masing. Diusia senja seperti sekarang ini peran sertanya masih dibutuhkan khususnya Musrenbang lanjut usia dalam merencanakan pembangunan di Kota Malang tercinta ini untuk mewujudkan Kota Malang yang Bermartabat,’’ kata Sofyan Edi Jarwoko.
Sementara itu Kepala Barenlitbang Erik Setyo Santoso ST MT dalam sambutannya mengatakan Musrenbang ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya. Yakni,Pra Musrenbang Lansia yang telah dilaksanakan 14 September 2018 lalu di Ruang Rapat Majapahit, Balaikota Malang.
‘’Tujuannya adalah, memenuhi tahapan yang disyaratkan dalam peraturan perundang-undangan, mendorong partisipasi Lansia dalam proses penyusunan dokumen Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah tahun 2020,’’ kata Erik Setyo Santoso.
Selain itu juga untuk mendapatkan masukan, saran dari segenap stakeholder penyelenggaraan pembangunan di Kota Malang terhadap usulan kegiatan yang melibatkan lansia Kota Malang.
‘’Juga untuk merumuskan dan menyampaikan usulan kegiatan prioritas terhadap kesejahteraan lansia baik sasaran maupun pemangku kepentingan dalam penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah Kota Malang tahun 2020,’’ kata pria asal Kampung Inggris, Pare, Kabupaten Kediri ini.
Pembahasan aspirasi peserta dilakukan melalui diskusi kelompok. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing kelompok didampingi perwakilan dari Barenlitbang serta OPD terkait.
Musrenbang lansia diakhiri dengan penandatangan berita acara dari perwakilan masing-masing peserta lansia Kota Malang. Musrenbang Lansia ini diharapkan dapat menjaring aspirasi dan melibatkan secara aktif dan partisipatif para lansia dalam pembangunan.(jon)