Festival Kuliner Kreatif, 40 Peserta Lomba Siap Sajikan Kuliner Khas Malangan


MALANG – Kreasi aneka kuliner akan ditampilkan dalam Festival Kuliner Kreatif yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang selama dua hari, Sabtu-Minggu (27-28/4) mendatang. Lomba kuliner kreatif juga akan digelar di acara yang akan dilaksanakan di lapangan Rampal, Kota Malang itu.
Festival Kuliner Kreatif menjadi ajang penutup rangkain HUT ke-105 Kota Malang. Puluhan stand siap menyajikan berbagai kuliner spesial.  Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Malang, Heri Sunarko mengungkapkan, persiapan sudah dilakukan dengan matang, pihaknya mengajak 40 peserta lomba untuk berkumpul di ruang rapat Balai Kota Malang, Selasa (23/4).
"Kami mengadakan technical meeting untuk menjelaskan teknis lomba, serta hak dan kewajiban para  peserta Festival Kuliner Kreatif," terang Heri kepada Malang Post.
Menurutnya, dalam lomba tersebut, para peserta lomba wajib menyajikan masakan khas Jawa Timur, utamanya yang beciri khas Malangan.
"Para peserta tidak boleh menggunakan bahan-bahan impor dan penyedap rasa. Sehingga, para peserta bisa menyajikam makanan yang menyehatkan," jelas dia.
Lebih lanjut, pria berkacamata ini menuturkan, lomba tersebut diadakan juga untuk mengingatkan kembali resep nenek moyang kepada para peserta. "Nenek moyang kita dulu kalau memasak tidak pakai penyedap dan bahan impor. Mereka hanya menggunakan rempah. Nah, kami juga ingin melestarikan rempah dan mengembalikan cita rasa Indonesia," papar dia.
Selain itu, melalui acara tersebut, pihaknya juga mengajak stakeholder untuk berkolaborasi dan membuat event yang mampu menyedot perhatian masyarakat Kota Malang. "Ini juga bagian dari kalender event Disbudpar. Kami juga bergabung dengan pihak swasta dan Malang Post. Sehingga bisa berkolaborasi dan menghasilkan event yang bagus," tandas dia.(tea/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :