Fokus Tiga Poin Pembangunan


MALANG - Wilayah Kecamatan Kedungkandang menggelar Muserbang Kecamatan, Selasa (12/2). Pada kesempatan tersebut, ada tiga poin utama yang menjadi fokus utama pembangunan yang akan dilakukan oleh Kecamatan Kedungkandang.
Plt Camat Kedungkandang Donny Sandito W, S.STP, M.Si mengungkapkan, perencanaan pembangunan tersebut akan diserahkan ke Barenlitbang Kota Malang.
"Kami melakukan pengumpulan hasil Musrenbang kelurahan beberapa waktu lalu. Kemudian, kami godog dan hasilnya nanti akan diserahkan ke Barenlitbang Kota Malang untuk prioritas pembangunan," terang mantan Lurah Purwantoro ini kepada Malang Post.
Donny melanjutkan, ada tiga prioritas pembangunan yang nantinya akan dilakukan. Pertama, yakni pembangunan untuk mengatas kemacetan.
"Di wilayah kami masih ada beberapa titik macet. Seperti di Jembatan Kedungkandang, kawasan Ranugrati hingga exit tol," jelas pria yang membawa prestasi baik di Kelurahan Purwantoro maupun Kelurahan Rampal Celaket ini.
Kemudian, pihaknya juga melakukan perencanaan pembangunan untuk mengatasi banjir. "Masih ada beberapa titik yang mengalami banjir ketika hujan deras. Salah satunya, di kawasan Arjowinangun. Disana masih ada genangan air," ungkap dia.
Donny mengungkapkan, ada juga masalah terkait kepadatan penduduk. Hal ini terkait masalah 100 persen Open Defecation Free (ODF). ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.
"Banyak pipa komunal irigasi. Untuk tingkatkan seratus persen ODF. Supaya tidak buang air sembarangan," papar pria yang juga pernah menjabat sebagai Lurah Rampal Celaket ini.
Selain itu, pihaknya juga akan mendongkrak ekonomi rakyat melalui keluarga. "Seperti pemberdayaan Ibu-Ibu PKK, Karang Taruna hingga memaksimalkan produk UMKM," tandas pria yang sangat dekat dengan masyarakat ini.
Selain dihadiri oleh 12 Lurah setempat, juga dihadiri oleh Perwakilan Barenlitbang Kota Malang serta perwakilan warga.(tea/jon)