Ganti Air, Kolam Renang Gajayana Dibuka Hari Ini


MALANG – Setelah ditutup selama lima bulan, kolam renang Gajayana, Jumat (11/1), sudah kembali dibuka. Hari ini, kolam renang sudah bisa digunakan untuk atlet dan juga masyarakat umum. Air kolam pun sudah diganti dengan yang baru, setelah hampir sembilan tahun tidak pernah di ganti airnya.
Kamis (10/1) sore kematin, Wali Kota Malang, Sutiaji dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Malang Nuzul Nurcahyo meninjau kolam renang Gajayana yang sudah siap kembali dibuka.
"Kalau Jumat kolam renang memang tutup dan baru akan buka pada Sabtu untuk umum," kata Sutiaji.
Sebelum kembali dibuka, Dispora sudah menguji kadar air kolam renang. Seperti diketahui, kadar air sebelumnya sangat tinggi kadar kaporitnya. Dari hasil pemeriksaan laboratorium, air baru kolam renang kadar kaporitnya berada di angka 0,2 mg per liter.
"Ambang batasnya sampai 0,5. Jadi masih aman," papar orang nomor satu Kota Malang ini.
Selain itu, pihaknya sudah memastikan uji laboratorium yang menyatakan sudah tidak ada masalah dan aman untuk renang.
 "Kolam renang tersebut juga merupakan layanan publik, bisa digunakan masyarakat. Selain itu bisa dimaksimalkan atlet renang dan selam untuk persiapan menghadapi Porprov pada Juli mendatang," papar dia.
Pada kesempatan tersebut, Sutiaji juga meminta penjaga kolam renang dan dinas terkait untuk melakukan pembersihan secara rutin.
 "Kolam tersebut sudah bertahun-tahun tidak dikuras. Setelah ini, saya sudah meminta untuk dikuras secara rutin setiap tahunnya," pintanya.
Seperti diketahui, akibat kadar kaporit yang tinggi di kolam renang Gajayana, beberapa atlet sempat mengalami pingsan saat latihan. Sebagian harus dibawa ke RS Hermina yang paling terdekat dengan kolam renang.(ica/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :