Geber Millenial Road Safety Festival, Sasar Pelajar-Mahasiswa


MALANG - Untuk menekan angka kecelakaan, Polres Malang Kota menggelar Millenial Road Safety Festival, Jumat (25/1). Acara tersebut digelar bersama dengan Ditlantas Polda Jawa Timur dan polres jajaran di wilayah hukum mantan Polwil Malang. Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan deklarasi dan pemberian helm dan penyematan pin sebagai bentuk simbolis Deklarasi Millenial Road Safety Festival.
Acara yang digelar di Gedung Samantha Krida tersebut mengajak para pelajar dan mahasiswa. "Acara ini bertujuan untuk mengajak para kaum milenial supaya lebih tertib lagi untuk mengikuti peraturan lalu lintas," terang Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri.
Asfuri mengungkapkan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk menekan angka kecelakaan. Sebab, sepanjang tahun 2018 lalu, untuk wilayah hukum Kota Malang terjadi 213 kasus kecelakaan. "72 persen di antaranya disebabkan oleh sepeda motor, yang mayoritas dikendarai masyarakat umur 17-35 tahun," kata dia.
Tentunya, untuk menekan jumlah angka kecelakaan, pihaknya akan melakukan sosialisasi secara serentak. Untuk di wilayah hukum Polda Jawa Timur, aksi serentak tersebut akan dilaksanakan di Jembatan Suramadu pada 17 Maret 2019 mendatang. "Kami juga mengajak masyarakat untuk lebih menjaga keselamatan dalam berkendara," kata dia.
Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengimbau para pelajar untuk tertib lalu lintas. "Kalau belum punya SiM, jangan gunakan kendaraan. Kalau ada lampu kuning siap-siap berhenti. Selain itu, jangan lupa pakai helm. Ini untuk keselamatan diri sendiri," terang dia.
Pria berkacamata tersebut mengungkapkan, tertib lalu lintas merujuk pada perilaku dan akhlak yang baik. Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu potret generasi milenial menuju arah identitas bangsa. "Kalau tertib bisa menunjukkan identitas orang yang taat aturan. Hal tersebut menunjukkan kalau orang Indonesia taat aturan dan punya karakter dan budaya yang baik," papar mantan Wakil Wali Kota Malang itu.
Pada kesempatan tersebut, pihaknya memberikan apresiasi kepada Polres Malang Kota untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat, utamanya anak muda supaya taat aturan. "Terima kasih kepada anggota Polres Malang Kota untuk menindak tegas masyarakat yang melanggar aturan. Supaya mereka sadar dan tertib lalu lintas," pungkas dia.(tea/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :