Harus Tahu Tindakan Pertama Balita Korban Kecelekaan


MALANG - Para ibu diajak untuk memahami tindakan penanganan pertama yang tepat terhadap balita yang mengalami kecelakaan. Sebab kalau tindakannya tidak tepat, bisa membahayakan kondisi balita.
Hal ini terungkap dalam  seminar kesehatan bertema ‘Ibuku Dokter Pertamaku’ yang digelar oleh Rumah Quran, Sabtu (16/9) kemarin. Seminar yang digelar di Hotel Pelangi Dua itu menghadirkan pembicara dr  Zakiya Zulaifah yang merupakan dokter di UGD RS Lavalette dan drg Upayakti Ifarum dari FAM Dental Care.
Berbagai bentuk penanganan kecelakaan yang biasanya dialami balita dibahas tuntas dalam seminar tersebut. Di antaranya balita yang terbentur, tersedak hingga traumatis kecelakaan. Diungkapkan, untuk balita yang tersedak harus segera diberi tindakan pertama. Atau balita yang mengalami kecelakaan ringan maka langkah pertamanya yakni membuka bagian baju  balita yang mengikat. Seperti kancing maupun sabuk.  
Sementara itu, Ketua Rumah Qur’an  Dini Tresna Kusdiah mengatakan,  seminar kesehatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para ibu  supaya mampu dan  tanggap dalam  melakukan pertolongan pertama pada saat melihat anaknya dalam kondisi yang membahayakan ataupun terluka . Hal ini mengacu dari masa anak-anak yang memiliki keingintahuan tinggi sehingga tidak tahu tentang apa yang dipelajarinya membahayakan tubuhnya atau tidak.
Tak hanya itu, upaya pertolongan pertama pada saat terganggunya kesehatan anak, dan kecelakaan kecil juga dijelaskan dalam seminar ini.
Ketua pelaksana seminar, Sri Nurhayati menjelaskan kegiatan ini merupakan seminar kesehatan pertama di Kota Malang yang memiliki tema tentang penanganan pertama terhadap kecelakaan yang terjadi pada anak. (mg1/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :