IPBI Gandeng Kader PKK Rangkai Bunga

 
MALANG - Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) DPC Kota Malang ingin mengembalikan Kota Malang sebagai kota bunga. Berbagai kegiatan digelar untuk menggalakan kegiatan merangkai bunga dengan teknik mutakhir dengan bunga dari Malang.
Ketua IPBI DPC Kota Malang, Louis Pratikno menjelaskan, jika Kota Malang adalah benar Kota Bunga, tetapi warga Kota Malang semakin tidak tertarik untuk mengembangkan hal itu.
“Maka dari itu kami datang membawa konsep pelatihan yang menarik dari merangkai bunga ini. Kami arahkan pula kepada industri kreatif Kota Malang,” jelas Louis kepada Malang Post usai pelantikan pengurus baru IPBI DPC Kota Malang di Javanine Resto Malang.
Ia mengatakan, keahlian merangkai bunga memiliki prospek yang besar jika diarahkan pada industri kreatif. Kota Malang memiliki iklim sejuk yang dapat dijadikan tempat layak untuk tanaman tumbuh kembang.
Selain itu pula, banyak permintaan kreasi bunga karena Kota Malang memiliki segudang event yang dapat dimanfaatkan.
“Tidak sedikit pengusaha yang saat ini terjun ke industri merangkai bunga. Memang tidak mudah karena ada tekniknya. Maka dari itu kami berikan pelatihan-pelatihan dan mengajak ibu-ibu PKK sekitar,” papar Louis.
Teknik merangkai bunga terbaru yang dikenalkan IPBI Kota Malang ini adalah merangkai bunga dan tanaman Succulent. Tanaman ini merupakan tanaman dengan warna unik dan mudah didapatkan dan menarik jika dirangkai dengan cara yang benar. 
Menurut Louis tiap dua bulan sekali, pihaknya akan mengajak ibu-ibu PKK sekitar Kota Malang untuk belajar bersama. Bagaimana merangkai bunga dari teknik dasar sampai lanjutan. 
“Kami ingin membantu mengangkat perekonomian warga dari merangkai bunga. Mudah bisa dikerjakan dirumah dan ibu-ibu yang awalnya nganggur bisa dapat pemasukan,” tandasnya. 
Sementara itu Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang, Heri Sunarko juga turut menyampaikan jika industri rangkai bunga memang harus ditumbuhkan untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Kota Malang.
Karena selain memang berjuluk sebagai kota bunga, Malang juga memiliki aneka spesies bunga cantik yang patut dibanggakan.
“Terlebih peluang itu bisa dimanfaatkan para ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan mereka. Kami akan mendukung program bermanfaat seperti ini,” tandasnya. 
Ia pun berencana menggandeng Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) DPC Kota Malang untuk merealisasikan terwujudnya ekonomi kreatif dalam bidang rangkai bunga tersebut. (ica/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :