Jadi Jujugan Musafir Berbuka Puasa


MALANG - Ratusan gorengan dan takjil sudah tertata rapi di halaman Masjid Baiturrohman, Sawojajar, Senin (20/5). Takjil tersebut sudah ditata panitia takmir masjid sejak sore. Satu persatu, jamaah masjid mulai berdatangan. Para jamaah yang sudah berkumpul, menunggu adzan magrib dengan bercengkrama dan membaca Al-Quran.
Sekitar pukul 17.15, para jamaah yang sudah datang mulai mendekati meja takjil. Mereka mulai mengambil sajian takjil yang disiapkan panitia. Ada yang mengambil gorengan, roti, onde-onde hingga minuman pembuka buka puasa. Ketika adzan berkumandang, satu persatu mulai melahap takjil yang kemudian dilanjutkan dengan salat maghrib.
Takmir Masjid Baiturrohmah, Bekti mengungkapkan, setiap harinya, ia menerima ratusan takjil dari warga sekitar. "Ada yang memberikan kue basah hingga nasi sebagai sajian berbuka puasa. Jamaah yang datang juga terus bertambah," terang dia.
Lebih lanjut, Bekti mengungkapkan, selain warga sekitar, para musafir yang sedang dalam perjalanan juga ikut mampir untuk menikmati takjil dan berbaur dengan warga sekitar. "Ada juga anak-anak dari Taman Pendidikan Quran (TPQ) juga ikut hadir disini. Suasananya semakin meriah dan guyub," papar Bekti.
Setiap harinya, takjil dan sajian berbuka puasa tersebut selalu ludes. "Kalaupun ada sisa, kami selalu bagikan kepada orang yang tadarusan setelah tarawih. Tapi pasti habis," ujar dia.
Salah satu warga, Aby Putra mengungkapkan, beberapa hari belakangan, dia dan beberapa orang temannya memilih untuk berbuka puasa di masjid. "Sekalian sama salat magrib dan tarawih. Kalau buka puasa di rumah makan atau cafe, malah nggak salat nanti," kata dia.
Pria berkacamata tersebut mengaku, dirinya rutin mengikuti buka puasa di Masjid Baiturrohman. Sebab, letaknya tak jauh dari tempat tinggalnya. "Jadi ketika berangkat maupun pulang, tidak perlu terburu-buru. Biasanya, sekalian sama tadarusan juga. Niatnya benar-benar ingin mengumpulkan pahala di bulan suci Ramadan ini," tandas dia.(tea/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :