Jembatan Diperbaiki, Penutupan Jalan Janti Hingga Desember


MALANG - Perbaikan Jembatan Jalan Janti Barat Kelurahan Bandungrejosari akan dilakukan hingga Desember mendatang. Karena itu, penutupan Jalan Janti pun akan dilakukan selama empat bulan lebih ke depan. Selama pengerjaan pembongkaran dan perbaikan jembatan itu, Jalan Janti Barat ditutup total.
 “Pengerjaan jembatan Janti akan memakan waktu sampai Desember mendatang,” kata Kabid Bina Marga DPUPR Kota Malang Ir Didik Setyanto kemarin saat dikonfirmasi Malang Post.
Dijelaskannya, proyek tersebut sudah dianggarkan dan harus selesai di tahun Anggran 2019 ini. Menurut data LPSE Kota Malang, proyek ini dikerjakan dengan nama tender Belanja Jasa Konstruksi Rehabilitasi/Pengembangan Jembatan Jalan Raya Janti Kelurahan Bandungrejosari.
Proyek yang menggunakan anggaran APBD Kota Malang Tahun 2019 ini memiliki nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sebesar Rp 1,95 miliar. Pekerja proyek atau pemenang tender jasa konstruksinya adalah CV Sidodadi Makmur.
Sebelumnya sempat dijelaskan Kepala DPUPR Kota Malang Hadi Susanto, kurang lebih Rp 3 miliar disiapkan Pemkot Malang untuk menjalankan proyek rehabilitasi alias perbaikan jembatan dan pembangunan jembatan di 2019 ini.
Hal ini berdasarkan data kegiatan yang diakomodir dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Kota Malang, termasuk perbaikan jembatan Janti ini. Juga pembangunan jembatan baru antar kelurahan akan dibangun selain memperbaiki yang sudah ada.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang Ir Hadi Santoso menjelaskan kegiatan yang diakomodir memang semuanya dari hasil usulan musyawarah masyarakat.
“Hal ini menjadi prioritas dan kemudian diajukan anggrannya untuk dikerjakan tahun ini,” tegas pria yang akrab disapa Soni ini.
Kemudian beberapa jembatan lama selain Janti, yang juga akan direhabilitasi dari kerusakan atau dilakukan perawatan rutin diantaranya ada dua lokasi di Kecamatan Blimbing. Yakni di Kawasan Jalan Sawojajar I dan Jalan Sawojajar II. Kedua kegiatan rehabilitasi jembatan ini dianggarkan sebesar Rp 235 juta. Masing-masing Rp 116 juta dan Rp 119 juta.
Di Kecamatan Kedungkandang juga akan dilakukan satu kegiatan rehabilitasi jembatan. Tepatnya jembatan yang berada di Jalan KH Malik Dalam RT 2 RW 2 Kelurahan Buring. Dianggarkan sebesar Rp 1,42 miliar. (ica/aim)

Berita Terkait