KA Sleeper Class Hanya Sekali Sepekan


MALANG - Penumpang kereta api (KA) tujuan Malang-Jakarta dan sebaliknya makin dimanjakan. Terbaru PT KAI meluncurkan sleeper class atau kereta yang dilengkapi fasilitas tempat tidur.
Humas PT KAI Daop 8 menjelaskan fasilitas ini sudah bisa dinikmati warga. Relasi sleeper class telah diuji coba sejak beberapa waktu lalu. Yakni tujuan Jakarta- Jogja- Solo - Malang dan Jakarta - Bandung. Untuk Rute Jakarta-Malang disediakan 1 gerbong sleeper class.
“Iya gerbong sleeper class ini diikutkan di KA Gajayana. Tetapi hanya berangkat hari Minggu saja,” ungkap Gatut Sutiyatmoko saat dikonfirmasi kemarin siang. Sleeper class memang hanya dioperasikan di akhir pekan saja.
Gatut mengungkapkan dengan mengeluarkan layanan kereta api sleeper, pihaknya ingin menggaet segmen menengah ke atas yang cenderung tidak menyukai perjalanan melalui udara.
Tiket untuk relasi Jakarta - Malang seharga sekitar Rp 1,45 juta per orang atau sekitar tiga kali lipat dari harga tiket reguler yang hanya berkisar Rp 500 ribu per orang.
Sementara itu fasilitas di kelas ini memang mewah. Per kursinya dibuat seperti kotak dengan kursi  berbahan sofa warna khas cokelat krem. Kursi ini bisa dibaringkan hingga 170 derajat dan memiliki sanggahan kaki yang nyaman. Dilengkapi pula lampu baca dan meja.
Tidak hanya bisa tidur bak di kamar sendiri, penumpang bisa juga bekerja di dalam kereta. Karena disediakan pula meja, charging spot dan wifi pada gerbong kelas ini.
Tersedia pula satu stop kontak dan satu kontak khusus USBV di samping kanan kursi. Ada pula layar yang bisa digunakan untuk menonton atau mendengarkan lagu.  “Terdapat juga lemari kecil tempat menyimpan barang berharga jika ingin ditinggal ke toilet,” papar Gatut.
Kepala Stasiun Kotabaru Malang Arif Nugroho menjelaskan keberangkatan gerbong kereta sleeper class ini pukul 13.30 WIB. Karena mengikuti KA Gajayana relasi ke Jakarta. “Kapasitasnya hanya 16 penumpang,” pungkasnya. (ica/van)

Berita Terkait