Kampung Arema Dibangun di Tasikmadu


MALANG - Gagasan membentuk Kampung Arema di Kota Malang terus diseriusi. Saat ini mulai masuk tahapan kajian. Tujuannya untuk penentuan luasan dan lokasi kampung yang menjadi pusat kebudayaan dan kearifan lokal.  
Lokasinya disiapkan di wilayah Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru. Tepatnya di depan Kampus II ITN Malang. Persisnya di perbatasan antara wilayah Kota Malang dengan Kabupaten Malang.
Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menjelaskan, Kampung Arema merupakan ide untuk memperlihatkan ciri khas Kota Malang dalam wujud fisik yang nyata dan terpusat. Salah satu rencana besarnya, di Kampung Arema inilah akan kembali dihidupkan gelaran budaya Malang Tempoe Doeloe (MTD). Segala sesuatu  yang berbau tempo dulu Malang bakal dihadirkan di kampung tersebut.
“Malang Tempoe Doeloe di sana. Ketika eventnya di sana (Kampung Arema), semuanya pakai baju tempo dulu juga. Direncakana juga, setiap hari Jumat, warga di sana wajib pakai batik,” jelasnya.
Lebih lanjut Sutiaji mengatakan, rencana ini sudah masuk dalam RPJMD lima tahun ke depan. “Saya ingin warga Kota Malang punya sebuah kampung yang memperlihatkan aslinya Kota Malang. Mulai dari watak, kebiasaan, budaya, ilmu sampai bahasanya,” terang mantan Wawali Kota Malang ini.
Kampung Arema, lanjut dia, diproyeksikan menjadi kampung yang mengangkat ciri khas Malang di satu tempat. Sehingga jika dikunjungi, intisari Kota Malang langsung tampak.
Mulai dari makanan dan jajanan yang dijual merupakan jajan-jajan tradisoional. Penduduknya warga Malang asli. Bahasanya yang dipakai bahasa Malangan. Ada panggung budaya yang sewaktu-waktu dapat mementaskan Tari Topeng dan khas Malang lainnya. 

Berita Terkait

Berita Lainnya :