Karnaval Budaya, Persatuan dalam Keberagaman

 
MALANG – Festival budaya menjadi cara bagi warga RW 07 Kelurahan Polehan dalam mengisi perayaan Hari Kemerdekaan RI tahun ini. Acara yang dikemas dengan karnaval budaya ini, diikuti ratusan warga dari seluruh RT-RT yang ada di wilayah yang berada di Kecamatan Blimbing, Kota Malang itu.
Warga tidak sekadar tampil dengan pakaian adat, banyak diantara peserta menggunakan kostum unik dan menarik. Bahkan, lakon punakawan yaitu  Semar, Bagong, Petruk dan Gareng pun juga ada dalam barisan peserta karnaval. Ketua RW07 Kelurahan Polehan Ngatiran mengatakan, karnaval ini tak lain untuk memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI.
”Ini baru kali pertama digelar di kampung kami. Dan saya tidak menyangka warga sangat antusias,’’ katanya dengan nada bangga.
Ngatiran menyebutkan, jika di RW07 Kelurahan Polehan ada sembilan RT. Masing-masing RT mengeluarkan perwakilannya minimal 50 orang. Para peserta tidak dibatasi dengan kostum, alias kostum yang digunakan diserahkan ke masing-masing RT.
Disinggung dengan tema? Ngatiran mengatakan tidak ada tema. Namun dia mengatakan, dengan karnaval yang digelar, masyarakat RW07 Kelurahan Polehan semakin guyub dan rukun, dan selalu menghormati perbedaan.
”Bangsa kita ini lahir dengan beragam perbedaan. Dari perbedaan itulah kita junjung persatuan dan kesatuan. Melalui karnaval ini juga pesan itu kami sampaikan,’’ urainya.
Terkait dengan karnaval sendiri kemarin warga mengambil start dan finish di lapangan, Jalan Jodipati, Kelurahan Polehan. Warga berjalan kaki sepanjang dua kilometer dengan rute Jalan  Jodipati, Jalan Indraprasta, Jalan Mayjen Wiyono. 
Sementara Ridwan salah satu warga mengaku senang dengan karnaval yang diadakan RW07 Kelurahan Polehan. Karnaval ini tidak sekadar sekadar menunmbuhkan ide kreatif warga, tapi juga menjadi ajang kerasi warga.(ira/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :