Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Prioritas Minimalisir Banjir


MALANG - Musrenbang Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang fokus terhadap beberapa skala prioritas. Diantaranya masalah banjir, hotmix dan pengerukan sungai.
Lurah Sawojajar, Moch. Fakihudin, SH, M.Si mengungkapkan, sebelum melaksanakan Musrenbangkel pada Jumat (25/1) malam, pihaknya sudah meminta 16 RW untuk melakukan musyawarah terkait usulan yang akan disampaikan.
‘’Kami sudah mengumpulkan pihak RT, RW dan tokoh masyarakat. Kira-kira usulan apa yang bisa disampaikan. Kita juga sudah memberikan format khusus,’’  terang Fakihudin kepada Malang Post.
Tak hanya tingkat RW saja, beberapa sekolah yang terletak di wilayah Kelurahan Sawojajar juga bisa memberikan aspirasinya.
‘’Mereka juga sudah memberikan beberapa usulan yang sudah kita pertimbangkan,’’ kata dia.
Berdasarkan hasil musyawarah tersebut, ada beberapa skala prioritas pembangunan, yang nantinya akan naik ke tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). ‘’Namun, ada juga yang bisa diatasi oleh kelurahan,’’ papar dia.
Beberapa skala prioritas yang diutamakan  pertama masalah banjir. ‘’Di perbatasan antara Sawojajar dua, warga ingin ada sudetan. Untuk meminimalisir banjir,’’ kata dia.
Kemudian, lanjut dia, soal hotmix yang akan dilakukan di wilayah Kelurahan Sawojajar dilakukan untuk mengurangi jalan yang rusak.
‘’Hal ini kami lakukan untuk meminimalisir jalan rusak yang ada di lingkungan kami,’’ beber dia.
Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pengerukan sungai supaya tidak dangkal. ‘’Sehingga, ketika hujan datang, bisa digunakan untuk menampung air. Jadi, tidak meluap di jalan,’’ ungkap dia.
Sementara itu, Camat Kedungkandang, Drs. Pent Haryoto, MM menambahkan, Musrenbangkel tersebut dilakukan sebagai bentuk dialogis yang dilakukan masyarakat kepada pemerintah, untuk usulan pembangunan.
‘’Nantinya, usulan rencana menengah tersebut akan dilakukan oleh Pemkot Malang pada tahun 2020 mendatang,’’ kata dia.
Hasil Musrenbangkel tersebut akan diajukan ke Kecamatan Kedungkandang. ‘’Nanti Musrenbangkel menghasilkan skala prioritas untuk pembangunan di kelurahan ini. Nantinya, juga akan dipilih beberapa delegasi untuk mewakili warga di Musrenbang yang akan dilakukan di Kecamatan Kedungkandang,’’ tandas dia.(tea/jon)