Kembangkan Tanaman Kopi di TPU


MALANG – Lahan makam yang luas bakal dimanfaatkan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang (Disperkim) untuk pengembangan tanaman kopi. Ada sembilan Taman Pemakaman Umum (TPU) di Kota Malang yang akan menjadi percontohan untuk ditanami pohon kopi.
Plt Kepala Disperkim Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi menyebutkan, kopi yang dikembangkan saat ini jenis robusta.
 “Sudah ditanam di TPU Sukun Nasrani sebanyak 200 pohon dan akan kami terus kembangkan di TPU lainnya,” katanya.
Diah menyebutkan, jika penanaman pohon kopi di area pemakaman tak menyalahi aturan. Sebaliknya, tanaman tersebut justru mendatangkan nilai ekonomi. Terlebih di TPU Sukun Nasrani, tanaman kopi telah menghasilkan. “sudah mulai panen dan langsung diproduksi,” ungkap Diah.
Dia menyebutkan panen pertama tanaman kopi menghasilkan 10 kilogram.  Namun demikian, hasil panen tersebut belum dijual.
“Saat ini kami menyiapkan formula untuk pengembangannya. Selain memperbanyak tanaman juga memikirkan produksinya,” tambahnya. Dia menyebutkan, hasil produksi kopi itu telah dikelola menjadi bubuk dan dikemas dengan merek Kopi Tulang. Melihat perkembangan serta semangat para pegawai UPT Pemakaman, Disperkim pun segera mematenkan merek tersebut.
“Ya itu tadi. Untuk pertama belum dijual, kedepannya setelah semuanya lengkap, mulai dari izin produksinya, BPOM dan mereknya telah terdaftar akan dijual,” tambahnya.
Selain kopi, tanaman yang akan dikembangkan atau ditanam di area makam adalah cokelat. Sama seperti kopi, cokelat menurut Diah memiliki nilai ekonomis, yang dapat berdampak pada kesejahteraan para pegawai TPU.
Sementara untuk pengembangan tanaman kopi, Disperkim pun membagikan bibit kopi kepada sembilan kepala UPT makam . Penyerahan bibit kopi secara dimbolis dilakukan Wali Kota Malang H Moch Anton di Kampung Kramat. Kepada para Kepala UPT Makam, Anton pun berpesan agar tanaman kopi ini dijaga dan dirawat dengan baik. Sehingga menghasilkan biji kopi yang berkualitas.
“Inovasi ini harus dikembangkan. Menanam kopi di area pemakaman merupakan ide cemerlang karena memiliki manfaat,” tandasnya.(ira/aim)

Berita Lainnya :