Kendalikan Harga Pasar, Disdag Siapkan Operasi Pasar


MALANG - Kenaikan harga beberapa bahan pokok cukup mersahkan masyarakat, mulai dari bawang putih, daging ayam dan masih banyak lagi. Untuk menjawab keresahan masyarakat, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang akan menggelar pasar murah untuk pengedalian harga pada 27 Mei  mendatang.
Kepala Disdag Kota Malang, Wahyu Setianto mengatakan, kegiatan operasi pasar akan dilakukan menjelang akhir bulan Ramadan. Sebab, menjelang hari raya lebaran, harga kebutuhan pokok cenderung melonjak.
“Rencananya akan kami mulai pada tanggal 27 Mei nanti. Hal tersebut kami lakukan untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok di pasaran,” terang Wahyu kepada Malang Post.
Nantinya, lanjut Wahyu, kegiatan tersebut akan dilakukan di lima kecamatan. Untuk komoditi yang akan dipasarkan, belum bisa memberikan kepastian. Sebab, hampir semua kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga.
“Jadwalnya masih kami godok dengan tim,” kata dia.
Selain itu, Disdag juga akan melakukan hal yang sama pada dua minggu setelah Lebaran. Hal ini didasarkan pada pengalaman tahun sebelumnya, bahwa harga sembako diperkirakan juga bakal naik. ”Tahun 2019 ini kami juga melakukan antisipasi. Biar harga sembako terjangkau,” ungkap dia.
Wahyu menyebut, lonjakan harga tersebut lumrah terjadi seiring dengan kebutuhan masyarakat yang meningkat untuk persiapan Lebaran. ”Masyarakat Indonesia biasa ada hidangan khusus Lebaran bersama keluarga besar,” urai dia.
Tak hanya itu, Wahyu juga bakal terus melakukan pantauan harga di pasaran. Hal ini dilakukan untuk memantau pergerakan harga di pasaran. ”Begitu ada gejala kenaikan, kami bisa putuskan untuk mengendalikan harga,” tandas dia.(tea/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :