Kumpulkan Semua Rektor Perguruan Tinggi

sejumlah orang pendemo yang sempat ricu dengan saling lembar batu dengan warga.
MALANG - Pascakeributan yang terjadi Jalan Basuki Rahmat, Kamis (15/8) kemarin, Wali Kota Malang, Sutiaji langsung mengadakan pertemuan dengan Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri dan Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Inf Tommy Anderson. Dalam pertemuan tersebut, Sutiaji akan mengumpulkan seluruh perguruan tinggi untuk mencegah aksi serupa terjadi lagi.
"Seluruh rektor dari perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta akan kami kumpulkan. Mereka harus menandatangani pakta integritas. Seluruh mahasiswa harus berjanji untuk cinta damai dan menjaga keutuhan NKRI," kata Wali Kota Malang Sutiaji, di Balai Kota Malang.
Menurutnya, mahasiswa yang menempuh studi di Kota Malang jangan sampai menimbulkan kericuhan. Jika aksi damai yang dilakukan untuk mengutarakan aspirasi tidak dilarang, namun harus sesuai dengan aturan yang berlaku. "Dalam undang-undang sangat jelas, sampaikan aspirasi itu boleh, tapi kami sarankan sampaikan aspirasi dengan cara elok," terangnya.
Dia menegaskan, Pemkot Malang tidak memiliki kewenangan untuk memulangkan oknum yang turut dalam kerusuhan di kawasan Kayutangan tersebut. Menurutnya, para mahasiswa tersebut merupakan salah satu bagian dari Indonesia.
"Kami tidak bisa memulangkan, karena mereka warga negara Indonesia yang berhak untuk tinggal di mana saja, termasuk Kota Malang," tandas dia.(tea/aim)
 

Berita Terkait