Nasib 529 Caleg DPRD Kota Malang Ditentukan Hari Ini


MALANG – Nasib 529 calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kota Malang akan ditentukan hari ini. 45 kursi DPRD Kota Malang dari lima daerah pemilihan (Dapil) dari hasil Pemilu 17 April akan diketahui hari ini siapa pemiliknya. 623 ribu pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan 17 ribu pemilih tambahan akan menggunakan hak pilihnya di 2352 TPS dan 13 TPS khusus.
Selain DPRD Kota Malang, pemilih juga akan memilih Caleg DPRD Provinsi Jatim, DPR RI, DPD RI dan juga Calon Presiden dan Cawapres. Jumlah TPS yang tersedia di keseluruhan Kota Malang adalah 2.352. Paling banyak di Kecamatan Sukun sejumlah 551. Dan paling sedikit di Kecamatan Klojen. Jumlah TPS ini disesuaikan dengan jumlah pencoblos yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT).
“Mari kita semua datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih dengan baik,” kata Komisioner KPU, Ashari Husen kepada Malang Post.
KPU Kota Malang juga menyediakan 13 TPS untuk menyerap hak pilih masyarakat yang ada di Lapas Lowokwaru dan Lapas Sukun. TPS itu disediakan untuk mengakomodir suara 2.588 penghuni lapas.
Sedangkan untuk rumah sakit, KPU Kota Malang akan sediakan sediakan fasilitas pemungutan suara bagi pasien rumah sakit. Ada tiga rumah sakit (RS) yang sudah berkoordinasi yaitu RS dr. Saiful Anwar, RS Lavalette, dan RS Panti Nirmala. Teknis yang dilakukan adalah KPU akan berkeliling ke rumah sakit pada pukul 12.00-13.00.
Keseluruhan jumlah DPT di Kota Malang adalah 623.185. Sedangkan, untuk daftar pemilih tambahan (DPTb) berjumlah 17.273. Jumlah itu terdiri dari mahasiswa, pekerja, korban bencana, penghuni lapas dan lain-lain.
Sekretaris KPU Kota Malang, Muhamad Sailendara mengatakan bahwa persiapan apemilu sudah sampai pada tingkat KPPS. Semua logistik akan dipenuhi, termasuk tenda TPS.
“KPU Kota Malang memberikan uang Rp 1,6 juta ke PPS. Dan PPS menyalurkan dana tenda ke KPPS setelah dipotong pajak 10 persen PPN dan PPH 4 persen,” kata Sailendra.
Dikatakannya, itu merupakan peraturan yang berlaku seluruh Indonesia. Uang hasil pajak itu akan dikembalikan kepada negara. (mg2/aim)

Berita Terkait