Nyai Laras Ayu Purwo Kencono Aset Baru Disbupar


MALANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang memiliki anggota baru di kantornya, Sabtu (12/1). Namanya Nyai Laras Ayu Purwo Kencono, satu set gamelan lengkap yang di launching keberadaanya di Disbubpar bersama para seniman dan budayawan Kota Malang.
Gamelan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kelestarian budaya Kota Malang.
Kasi Promosi Wisata Disbudpar Kota Malang Agung H Buana menyampaikan, gamelan ini baru datang dan langsung diresmikan Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni  
“Ini sudah anggaran PAK 2018 Desember lalu. Baru sekarang kita resmikan untuk segera dapat dimanfaatkan,” kata Agung dikonfirmasi Malang Post, kemarin.
Terkait dengan nama gamelan Nyai Laras Ayu Purwo Kencono, ia menjelaskan jika hal itu melambangkan sosok wanita. Dimana laras suara, purwo awal, kencama keemasannya bisa berarti suara atau bebunyian awal permulaan yang indah keemasan.
Diharapkan dengan adanya Gamelan Nyai Laras Ayu ini bunyi gendang gending gamelan meneduhkan dapat memberikan keharmonisan bagi siapapun yang menikmati.
Agung juga menjelaskan, gamelan ini nantinya di tempatkan di kantor Disbudpar Kota Malang dekat dengan Museum Mpu Purwa. Diperuntukkan bagi seniman-seniman Kota Malang yang ingin memanfaatkannya. Seperti untuk latihan atau tampil dalam pagelaran seni apapun di Kota Malang.
“Iya ini untuk seniman-seniman Kota Malang” tegasnya.
Ditambahkannya, hal ini menjadi salah satu aset musik tradisional Kota Malang. Gamelan sebelumnya yang dimiliki Disbudpar banyak yang hilang atau tidak lengkap lagi. “Tahun ini masih cukup satu gamelan,” tambahnya.  (ica/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :