PDAM Buka Lowongan Direksi


MALANG - Pemkot Malang membuka kesempatan bagi masyarakat Kota Malang untuk menduduki jajaran direksi PDAM Kota Malang. Warga yang memenuhi kualifikasi bisa mendaftar karena pendaftaran untuk umum sudah dibuka.
Hal ini disampaikan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Direksi PDAM Kota Malang Drs. Abdul Malik M.Pd kepada Malang Post, kemarin. “Sudah buka mulai hari ini sampai batasnya 1 Maret 2019 nanti,” jelas pria yang juga menjabat salah satu Asisten Setda Kota Malang ini.
Ia menjelaskan lowongan tiga jabatan yang dibuka untuk umum yakni  direktur utama (dirut), direktur teknik serta direktur administrasi dan keuangan. Beberapa syarat harus dipenuhi calon pelamar. Di antaranya yang utama adalah memahami manajemen perusahaan.
Tidak hanya itu pelamar juga harus memahami dan memilik pengetahuan di bidang usaha perusahaan. Minimal pendidikan S1, lalu pengalaman kerja minimal lima tahun di bidang manajerial berbadan hukum dan pernah memimpin tim.
“Untuk syarat usia paling rendah 35 tahun dan paling tinggi 55 tahun saat mendaftar pertama kali,” tegas Malik.
Kemudian lanjutnya untuk mendaftar pelamar dapat melakukannya di Sekretariat Pansel di Bagian Pengembangan Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Malang. Pada pukul 09.00 – 15.00 WIB.
Kemudian surat lamaran ditujukan kepada Wali Kota Malang dengan melengkapi beberapa persyaratan lainnya. Seperti melampirkan riwayat hidup hingga surat keterangan sehat dari rumah sakit tipe A. Kemudian juga melampirkan surat keterangan catatan kepolisian, surat pernyataan tidak sedang menjalani sanksi pidana, hingga surat tidak sedang menjadi pengurus partai politik.
“Lalu pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 5 Maret 2019 mendatang. Kemudian lanjut dengan uji kelayakan  pada 11 sampai 13 Maret,” jelas pria yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang ini.
Beberapa rangkaian seleksi lain yang harus dilalui adalah wawancara dengan pansel pada
14- 15 Maret. Lalu pengumuman hasil fit and proper tess dilakukan pada 16 Maret. Selanjutnya pansel juga menjadwalkan sesi wawancara akhir.
Yakni sesi tes wawancara dengan wali kota. Wawancara dengan  wali kota ini dilakukan pada 21- 22 Maret 2019. Barulah pengumuman calon direksi terpilih dilakukan pada 25 Maret 2019.
“Pelaksanaan seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun. Apalabila kemudian hari pelamar memberikan data tidak benar maka pansel dapat membatalkan hasil seleksi,” pungkas Malik.
Sementara itu Pjs Dirut PDAM Kota Malang Anita Sari menjelaskan pihaknya tidak memiliki andil apapun dalam proses pengisian jabatan direksi. Ditanya mengenai seleksi ini, Anita menjelaskan sudah diserahkan dan merupakan kewenangan Pemkot Malang.
Ia mengatakan pihaknya tetap bekerja sebagaimana tugas pokok dan fungsi (tupoksi) walau kekosongan jabatan selama ini memang diakui menghambat kinerja. “Kami sifatnya menunggu saja dan tentunya berharap proses cepat selesai dan lancar,” pungkasnya saat ditemui beberapa hari lalu di DPRD Kota Malang. (ica/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :