Pegiat Anti Korupsi Kota Malang Daftar Capim KPK


MALANG - Aktivis organisasi anti korupsi, Malang Corruption Watch (MCW) Lutfhfi J Kurniawan mendaftarkan dirinya dalam seleksi calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Lutfi menjelaskan, persyaratan pendaftaran dirinya sebagai Capim KPK telah dikirim melalui email pada Rabu (3/7) pagi.
"Tadi pagi sudah saya kirim lewat email pendaftarannya,” kata Lutfi kepada Malang Post, usai membedah buku Pendidikan Antikorupsi di Gazebo MCW Jalan Joyo Suko, Kota Malang .
Ia menjelaskan beberapa dokumen yang dikirim sebagai persyaratan berupa KTP, NPWP, surat lamaran CV.  Tidak hanya itu, beberapa persyaratan khusus juga dipenuhinya, seperti  surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari pekerjaan lama, surat pernyataan bukan pengurus partai politik, 15 tahun di bidang hukum, ekonomi, keuangan perbankan, SKCK, serta surat keterangan sehat.
Saat ditanya mengenai motivasi dirinya mencalonkan diri, pria berkacamata ini menegaskan sistem pemberantasan korupsi yang dijalankan KPK dinilai masih belum maksimal. Dengan alasan ini ia memiliki konsep sendiri.
“Perlu ada perubahan metode di pemberantasan. Selama ini lebih banyak penindakan dengan pendekatan teknis hukum semacam tertangkap tangan.Saya pikir ke depan tidak bisa begitu terus. Perlu ada pendekatan kebudayaan. Karena korupsi itu habbit atau kebiasaan,” tuturnya.
Meskipun para koruptor telah divonis oleh pengadilan, dan menjalani masa tahanan, bagi Lutfi hal itu belum menjamin akan menghilangkan perilaku korup. Oleh sebab itu, perlu ada pendekatan kebudayaan untuk mengubah perilaku.
Bagi Lutfi, pencegahaan dan pendekatan menjadi prioritas. Selain itu, Lutfi membawa konsep harmonisasi lembaga penegak hukum. Lembaga penegak hukum yang selalu ribut dan berebut tugas dinilainya membuat kinerja pemberantasan korupsi kurang efektif.
“Perlu juga adanya tindakan maksimal di asset recovery. Kalau korupsinya saja ditindak, aset-aset yang dikorupsi juga harus dikembalikan. Selama ini hal tersebut belum maksimal dilakukan,” tegasnya.
Sementara itu jadwal pendaftaran Capim KPK dibuka dari tanggal 17 Mei hingga 4 Juli 2019. Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) 2019-2023 yang dibentuk Presiden Joko Widodo. (ica/aim)

Berita Terkait