PLN Bersihkan Tiang

PINDAH KABEL: Petugas PT PLN UP3 Area Malang melakukan pemindahan kabel listrik dari tiang sisi timur exiting seksi 4 tol Pandaan Malang ke sisi barat, kemarin.
 
MALANG–Pengoperasian exiting seksi 4 tol Pandaan Malang beroperasi sudah di depan. Tiang listrik di sisi timur exit tol Pakis mulai dibersihkan oleh PT PLN Area Malang, kemarin. Pelepasan tiang dilakukan setelah para petugas PLN memindahkan kabel ke sisi barat exiting seksi 4 tol Pandaan Malang.
Menrut Agus Winendra, Pengawas UP3 PLN Area Malang, di sepanjang exiting seksi 4 tol Pandaan Malang, Jalan Ampeldento, Kecamatan Pakis ada 13 tiang yang harus dipindahkan. Itu karena keberadaannya mengganggu arus lalu lintas di jalan tersebut.
”Sebelumnya kami mendapat surat dari PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM) untuk memindahkan tiang. Dan hari ini pekerjaan pemindahan kami mulai,” ungkapnya. 
Untuk pemindahan tiang, pria yang akrab disapa dengan sapaan Jabrik ini mengaku tidak seenaknya, alias ada cara dan aturannya. Apalagi di atas tiang listrik tersebut, melintang kabel kabel bermuatan listrik tegangan tinggi. 
”Kami mengikuti prosedur. Kabel-kabel di atas tiang tadi kami pindahkan pada tiang yang ada di sisi barat. Setelah kabel berpindah, baru tiang-tiang yang berdiri di tepi jalan dilepas,” tambahnya.
Sejauh ini, Jabrik mengatakan tidak ada kendala apapun dalam pelepasan tiang. Bahkan, dia menargetkan, proses pelepasan tiang listrik ini dapat diselesaikan selama tiga hari. 
”Ada sebetulnya kendala, yaitu adanya kabel milik Telkom. Tapi kami sudah berkoordinasi. Semoga cepat direspons,’’ urainya.
Jabrik juga mengatakan, baru bisa melepas tiang kemarin, karena sebelumnya pihaknya lebih dulu memasang tiang listrik di sisi barat jalan exiting tol. Setelah proses pemasangan selesai, baru kemudian dilakukan pelepasan dan kabel listrik juga dipindahkan di sisi barat. 
Jabrik juga tak menampik, saat pemindahan kabel listrik Kamis (18/7) pihaknya juga melakukan pemadaman, untuk beberapa wilayah. Seperti wilayah Blimbing Kota Malang, Kecamatan Pakis dan Kecamatan Tumpang. 
Untuk sebagian Kecamatan Pakis, pemadaman dilakukan selama tiga jam, mulai pukul 10.00 dan kembali menyala pukul 13.00. Sedangkan untuk wilayah Tumpang, pemadaman juga dilakukan mulai pukul 10.00 hingga pukul 14.00.
”Karena jaringannya berbeda. Sehingga waktu pemadamannya berbeda. Tapi yang jelas, kami melakukan pemindahan dengan maksimal, sehingga waktu pemadaman tidak terlalu lama,” ungkapnya.
 

Berita Terkait