Prioritas Pembangunan Berwawasan Lingkungan


MALANG - Masyarakat Kelurahan Arjosari memiliki andil yang cukup besar dalam Musrenbangkel yang digelar di Aula Kelurahan, Selasa (22/1) malam. Warga banyak memberikan usulan di Musrenbang yang juga dihadiri Camat Blimbing Drs Muarib, M.Si dan Sekcam Blimbing Johannes Agus Bayu Widjaya.
Dari usulan-usulan yang diakomodir, ada skala prioritas baik dana APBD yang dilaksanakan oleh perangkat daerah maupun skala prioritas untuk dana APBD yang dilaksanakan kelurahan. Untuk skala prioritas yang dilaksanakan perangkat daerah yang diusulkan adalah perbaikan infrastruktur, khususnya drainase dan perbaikan jalan.
Sedangkan skala prioritas untuk dana APBD yang dilaksanakan kelurahan adalah pembangunan berwawasan lingkungan berupa pembangunan taman tematik, pergola dan taman vertikal. Bahkan dari lima RW yang ada di wilayah Kelurahan Arjosari ini, semuanya mengusulkan adanya pembangunan taman tematik.
Di Musrenbang ini, warga juga banyak menerima masukan dari Sekcam Blimbing Johannes Agus Bayu Widjaya. Bayu Wijaya juga menjelaskan usulan elemen masyarakat dalam Musrenbangkel, yang pertama usulan kegiatan.
‘’Dokumen rencana pembangunan dari elemen masyarakat yang diajukan dalam Musrenbangkel  bukan memuat daftar kegiatan, melainkan daftar kebutuhan masyarakat yang telah disusun berdasarkan skala prioritas,’’ kata Bayu Wijaya.
Sedangkan yang kedua, permasalahan dan sasaran. Yakni, dokumen rencana pembangunan dari elemen masyarakat yang diajukan dalam Musrenbangkel harus jelas permasalahannya dan sasarannya.

Berita Lainnya :