Prioritas Plengsengan Hingga Drainase


MALANG - Tiga Kelurahan di Kecamatan Sukun menggelar Musrenbang dalam waktu hampir dalam waktu bersamaan, Minggu (27/1),siang. Ketiganya yakni, Kelurahan Tanjungrejo, Kelurahan Bandulan dan Kelurahan Sukun. Di tiga kelurahan tersebut, Musrenbang dibuka langsung Plt Camat Sukun Widi E. Wirawan. S.Sos, MM.
Di Kelurahan Tanjungrejo juga dihadiri Kasubid Perencanaan Barenlitbang Kota Malang Yogi Handoyo. Dalam sambutannya, Yogi berharap dalam Musrenbang ini tidak mementingkan RW-nya masing-masing, namun untuk kepentingan seluruh wilayah Kelurahan Tanjungrejo.
‘’Usulan-usulan yang disampaikan kami harap tidak lagi bersifat bagi rata seperti RW 01 hingga RW 13. Kita lepaskan wilayah RW, tetapi Musrenbang ini adalah skala kelurahan. Mana skala prioritas, mana usulan sesuai kebutuhan,’’ Kata Yogi Handoyo Waseso.
Sementara itu di Kelurahan Bandulan, masyarakat banyak mengusulkan pembangunan plengsengan. Apalagi, musim hujan seperti sekarang ini sangat rawan bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.
‘’Rata-rata hampir di semua RW usulan prioritas adalah pembangunan plengsengan, drainase dan pavingisasi. Hal ini untuk penanggulangan banjir akibat dampak lingkungan seperti banjir,’’ kata Ketua RW 06 Lolok Bambang Irianto SE, kepada Malang Post.
Sedangkan untuk kegiatan non fisik menurutnya, sebagian mengusulkan adanya pelatihan-pelatihan serta pengadaan sound system maupun kursi untuk pertemuan.
Sementara itu di kelurahan Sukun, RW 03 memprioritaskan pembangunan plengsengan yang ada di sungai setempat. Alasannya, kebutuhan akan plengsengan sangat mendesak karena sudah rusak dan sangat berbahaya bagi masyarakat setempat.
‘’Kondisi plengsengan sudah tergerus air dan sudah terjadi longsor, ini sangat berbahaya sekali. Selain plengsengan yang sangat mendesak, juga pavingisasi yang ada di tepi jalan raya,’’ kata Ketua RW 03 Sukun M Jainul kepada Malang Post.
Di Kelurahan Sukun ini pula, hadir Wakil Wali Kota Malang Ir H Sofyan Edi Jarwoko. Meski hanya sebentar, namun ia menyempatkan hadir meski siang kemarin banyak kegiatan. Sedangkan dari Barenlitbang diwakili Dewi Ratna Sari. (jon)