Program Giant Peduli Brantas di Arboretum

 
MALANG – Hari ini, program Giant peduli Brantas (GIRAS) melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan jalan setapak di Bukit Permata (Bukit Perlindungan Mata Air ) Arboretum, Kota Batu. Bekerja sama dengan Pengembangan Usaha Strategis dan Advokasi Kelestarian Alam (Pusaka Foundation), Giant giat menggalakkan program berbasis lingkungan Sungai Brantas.
“Besok (hari ini)  merupakan peletakan batu pertama  pembangunan jalan setapak untuk menuju bukit, dalam Program Air Bicara. Kami akan bangun gazebo dan pos pantau untuk mempercepat proses pelestarian lingkungan disana,” ujar Tony Mampuk, General Manager of Corporate Affairs PT Hero Supermarket Tbk.
Di bukit ini nantinya akan dibangun bukit pendidikan sekaligus sebagai perlindungan mata air di sekitarnya. Di bukit tersebut akan ditanami berbagai jenis tanaman langka, seperti sebuah laboratorium tanaman hidup. 
Tony mengatakan, kegiatan berbasis lingkungan ini penting mengingat saat ini keadaan lingkungan memang telah menurun, salah satunya banjir yang berasal dari hulu. Hal tersebut dirasa sangat memprihatinkan.
Untuk itu, dalam jangka dua tahun ini pihaknya bersama Pusaka Foundation berkampanye dan turut ikut dalam kegiatan lingkungan. Di antaranya penanaman kembali pohon di gunung, bantuan tandon dan dam bronjong di daerah Lemah Putih Desa Sumber Brantas, ditambah pemberdayaan masyarakat dengan penanaman kopi dan jambu.
“Setiap tiga bulan, kami selalu mengajak komunitas agar semangat yang dilakukan Giant dan Pusaka dapat dirasakan semua orang. Masyarakat harus banyak merubah mindset dan gaya hidup terhadap  lingkungannya,” imbuhnya.
Sementara itu, diceritakan oleh Sulistyoningsih Parianom, istri Bambang Parianom Direktur Pusaka Foundation, untuk mengamankan satu titik sumber air maka dibutuhkan paling tidak 20 hektare lahan untuk menangkap air. Maka dari itu, pada tahun 2015 Perum Jasa Tirta membeli bukit seluas 11 hektare yang kemudian pengelolaannya diserahkan kepada Pusaka Foundation, menjadi sebuah laboratorium tanaman hidup.
“Karena medannya cukup sulit, maka sebagai bentuk green action untuk daerah hulu Sungai Brantas. Hero Supermarket lewat cabang usahanya Giant grup bekerja sama dengan Pusaka Foundation membuat jalan setapak di Bukit Permata,” ujarnya.
Pengelolaan Bukit Permata ini dirasa sangat penting, mengingat pernah terjadi banjir bandang di daerah hulu sungai pada tahun 2004.
“Melalui pelatihan lingkungan, penanaman dan bantuan fasilitas ini, semoga kesejahteraan meningkat, produk-produk pertanian memiliki standar kualitas produksi yang layak untuk pasaran supermarket,” ujarnya. (ras/sir/van) 

Berita Lainnya :