Proyek Kampung Arema Dilirik Investor


MALANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana untuk membangun wisata tematik di kawaaan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Kampung Arema diharapkan bisa sebagai alternatif wisata baru. Saat ini, perencanaan pembangunan tersebut sudah dilirik oleh investor.
"Sudah ada beberapa investor yang tertarik untuk bekerjasama dalam pengembangan dan pembangunan destinasi wisata Kampung Arema. Tapi saat ini masih kami lihat mana yang cocok," terang Wali Kota Malang Sutiaji  kepada Malang Post, Kamis (13/6).
Mantan Wakil Wali Kota Malang tersebut mengungkapkan, sebelum melakukan pembangunan, kawasan tersebut harus dimasukkan dalam Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) perubahan. "Meski sudah terdapat investor, hal pertama yang kami lakukan, memasukkan rencana tersebut dalam RTRW anggaran. Sebab, untuk memanfaatkan lahan seluas 25 hektar tersebut, harus melalui penetapan keputusan di RTRW perubahan itu," jelas pria berkacamata tersebut.
Sementara itu, Kasi Destinasi Dinas Pariwisata Kota Malang, Endang Sumarlik menerangkan, pembangunan Kampung Arema tersebut paling cepat dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. Sebab, harus melakukan kajian terhadap Detail Engineering Design (DED). "Jadi itu masih banyak yang harus dikaji untuk mewujudkan Kampung Arema tersebut," terang dia terpisah.
Rencananya, Kampung Arema akan menampilkan miniatur wilayah Malang Raya. Beberapa tempat ikonik di kawasan Kota Malang, Kabupaten Malang hingga Kota Batu ada di dalamnya. "Bahkan, ketika mendatangi tempat tersebut akan menggunakan bahasa walikan khas Malangan," tandas dia.(tea/aim)

Berita Terkait