Ringankan Beban PMKS, Pemkot Bagikan Paket Sembako


MALANG – Menjelang bulan Ramadan, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Sosial Kota Malang membagi kebahagiaan dengan warga Kampung Seribu Topeng Malang yang ada di Desaku Menanti Dusun Baran. Sebanyak 35 kepala keluarga mendapatkan bantuan paket sembako.
Bantuan diserahkan langsung Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi bersama Pjs Ketua TP PKK Kota Malang, Astried Wahid Wahyudi di Desaku Menanti, Selasa (15/5) kemarin. Hadir pula Kepala Dinas Sosial Kota Malang, Sri Wahyuningtyas serta Camat dan Lurah se Kecamatan Kedungkandang.
"Melalui kegiatan ini kami berharap dapat mengurangi berbagai permasalahan sosial yang ada. Pemerintah Kota Malang senantiasa berupaya menanggulangi permasalahan sosial tersebut dengan cara melakukan berbagai program terkait dengan PMKS, yang diarahkan kepada upaya penyelamatan, pemulihan dan kemandirian dalam mencapai taraf hidup kesejahteraan sosial yang layak, normatif dan manusiawi" ujar Wahid Wahyudi.
Dijelaskannya, meskipun pencapaian pembangunan yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial semakin membaik, namun berbagai permasalahan  yang menjadi beban sosial masih harus diatasi, terutama permasalahan yang berkaitan dengan kemiskinan.
Yang dimaksud kemiskinan adalah tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia seperti pangan, sandang, perumahan, dan interaksi  sosial, serta mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan untuk mengakses berbagai sumber pelayanan sosial dasar.
“Masalah lainnya adalah rawan sosial ekonomi, keterlantaran, kecacatan, penyimpangan perilaku, keterpencilan, serta kerentanan sosial warga masyarakat yang berpotensi menjadi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS),” ungkapnya.
Paket sembako yang dibagi berupa 10 kilogram beras, minyak dan gula, kepada 35 kepala keluarga warga binaan sosial. Bantuan itu merupakan salah satu upaya dalam membantu PMKS, agar dapat sedikit meringankan beban hidupnya menjelang bulan suci Ramadan.
"Dalam dialog dengan warga ini, saya  sangat berharap adanya masukan atau saran  yang bersifat membangun, sehingga ke depan berbagai permasalahan yang ada mampu dicarikan solusi terbaik, dan berbagai program pembangunan dapat lebih memberikan nilai manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," tambahnya.
Selain membagikan sembako, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antara Pemerintah Kota Malang dengan masyarakat setempat yang merupakan warga binaan Dinas Sosial Kota Malang dan juga Kementerian Sosial RI.
Program Desaku Menanti  merupakan program rehabilitasi sosial gelandangan dan pengemis yang dilakukan terpadu berbasis desa dengan menekankan pengembalian mereka ke daerah asal atau re-migrasi. Program ini sangat bermanfaat bagi eks Gepeng, karena bisa meningkatkan kesejahteraan mereka dengan bantuan berupa rumah layak huni. Selain itu ada bantuan penguatan ekonomi produktif bagi peningkatan kesejahteraan. Di Kota Malang sudah dimulai sejak 2016 lalu. (aim/*/hms)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...