Rp 116 Miliar untuk 16 Proyek Prioritas


MALANG - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang menggarap 16 proyek prioritas tahun ini. Total anggarannya sekitar Rp 116 miliar. Beberapa di antaranya merupakan proyek besar.
Sejumlah proyek besar yang dikerjakan DPUPR di antaranya Islamic Center dan mini block office. Khusus proyek mini block office bakal dibangun di belakang Balai Kota Malang untuk menunjang pelayanan publik.
“Islamic Center pagu anggarannya di tahun 2019 sebesar Rp 45,2 miliar. Sedangkan anggaran pembangunan gedung bersama di balai kota sekitar Rp 49 miliar,” jelas Kepala DPUPR Kota Malang Ir Hadi Santoso.
Gedung bersama, kata Hadi Santoso, dibuat seperti mini block office yang akan digunakan oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang. Anggaran tahap pertama yang sudah dialokasikan untuk belanja konstruksi.
Tak hanya itu, DPUPR juga memiliki program pembangunan di wilayah kelurahan yang diusulkan masyarakat lewat jalur non musyawarah rencana pembangunan (musrenbang)
kelurahan. Di antaranya pemeliharaan rutin jalan dengan alokasi anggaran Rp 2 miliar, pemeliharaan insidentil jalan yang disiapkan sebesar Rp 2,5 miliar.
“Jembatan-jembatan juga secara rutin akan kita pelihara. Ada beberapa kawasan yang memang akan diperbaiki khususnya yang menghubungkan kelurahan-kelurahan,” jelas Soni, sapaan akrab Ir Hadi Santoso.
Untuk pemeliharaan rutin jembatan di Kota Malang, DPUPR menyiapkan anggaran Rp 1,5 miliar. Sementara penanganan  kejadian insidentil dan butuh perbaikan disiapkan lagi sebesar Rp 1,5 miliar.
Kegiatan lainnya seperti rehabilitasi atau pemeliharaan jaringan irigasi, rawa dan jaringan pengairan dialokasikan anggaran Rp 100 juta. Kemudian pemeliharaan rutin infrastruktur air minum disiapkan sebesar Rp 1 miliar.
Tahun ini terdapat pula anggaran sebanyak Rp 500 juta untuk pemeliharaan insidentil turap atau talud. Ada juga anggaran pemeliharaan gedung atau bangunan kantor Pemkot Malang, pemeliharaan drainase, infrastruktur air limbah hingga pemeliharana gedung dan bangunan kelurahan. (ica/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :