Sempurnakan Kebutuhan Data Pembangunan


MALANG - Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang)  Kota Malang menggelar Forum Validasi Data di Hotel Aria Gajayana, Jumat (17/2). Forum ini dihadiri seluruh perangkat daerah di Kota Malang dan menghadirkan tiga narasumber. Yakni, Kepala Barenlitbang Erik Setyo Santoso, ST MT, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang Zulkifli Amrizal S Sos, MSi dan Staf IPDS BPS Kota Malang Ir Lies Alfiah.
Menurut Erik Setyo Santoso, kebutuhan akan data merupakan sebuah keniscayaan, tidak hanya bagi pemerintah Kota Malang, namun juga bagi masyarakat. Namun, fakta yang ada, kebutuhan akan data tidak dapat terpenuhi secara maksimal. Bahkan kadangkala antara data yang satu dengan data yang lainnya memiliki ketidaksamaan.
“Selain itu data-data pembangunan daerah tidak lengkap dan tersebar di masing-masing perangkat daerah, jarang diperbarui. Hal ini tentu harus menjadi perhatian serius bagi kita bersama agar ke depan tersedia data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,’’ kata Erik Setyo Santoso.
Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) merupakan aplikasi yang dibuat Dirjen Bina Pengembangan Daerah Kementerian Dalam Negeri sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dengan Bappeda selaku supervisi di lingkup pemerintahan Jawa Timur. SIPD ini merupakan sistem yang digunakan untuk pengelolaan data dan informasi, penyusunan, monitoring dan evaluasi dokumen rencana pembangunan daerah secara elektronik.
‘’Aplikasi SIPD ini dipantau secara langsung oleh Dirjen Bina Bangda dan Bappeda Jawa Timur. Artinya tingkat keterisian data Kota Malang pada aplikasi tersebut selalu dinilai dan dievaluasi oleh Kementerian dalam Negeri dan Bappeda Jatim per semester,’’ tegasnya.
Menurut Erik pula, jika amanat dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 394 menyebutkan kepala daerah yang tidak mengumumkan informasi pembangunan daerah akan dikenai sanksi administratif. Saksinya berupa teguran tertulis oleh menteri untuk gubernur dan oleh gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk bupati atau wali kota. ‘’Sehingga pemenuhan data yang tertuang di dalam SIPD harus dipenuhi,’’ kata Erik Setyo Santoso.
Sementara itu menurut Ketua Panitia Arief Zubaidy, SE. M Si, Forum Validasi ini untuk memberikan pemahaman pentingnya SIPD bagi perencanaan pembangunan Kota Malang. ‘’Tujuannya untuk meningktkan kualitas perencaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan di Kota Malang melalui dukungan ketersediaan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,’’ kata Arief Zubaidy.
Selain itu menurut pria yang menjabat sebagai kepala Bidang Perencanaan dan Pelaporan Barenlitbang ini juga untuk mengoptimalkan pengumpulan, pengisian dan evaluasi serta pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah. (jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :