Siapkan Rp 3 Miliar Rehabilitasi Jembatan


MALANG – Perbaikan infrastruktur, khususnya jembatan yang rusak akan segera diperbaiki tahun ini. Pemkot Malang menyiapkan anggaran Rp 3 miliar untuk merehabilitasi jembatan yang rusak.
Usulan dari masyarakat melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Kota Malang banyak di akomodir dalam anggaran APBD 2019. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang Ir Hadi Santoso menjelaskan, kegiatan yang diakomodir semuanya dari hasil usulan musyarawarah. Hal ini menjadi prioritas dan kemudian diajukan anggarannya untuk dikerjakan tahun ini.
“Salah satu yang akan dibangun baru adalah jembatan di Joyosuko, Kelurahan Merjosari,” kata Soni, sapaan akrab Hadi Santoso kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, jembatan tersebut perlu dibangun untuk menghubungkan area Joyosuko atau kawasan Genting ke kawasan Tidar. Agar dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di wilayah Kelurahan Merjosari dan Kelurahan Sumbersari. Penyusunan kajian dan Detail Engineering Detail (DED) sudah dianggarkan di tahun ini.
“Dengan jalur pengerjaan mengikuti yang di usulkan RT RW setempat,” tegasnya.
Sementara itu proyek ini menurut data yang diperoleh Malang Post akan menelan anggaran sebesar Rp 1,65 miliar. Selain pembangunan jembatan baru, beberapa jembatan yang lama juga akan direhabilitasi dari kerusakan atau dilakukan perawatan rutin.
Diantaranya dua kawasan jembatan di Kecamatan Blimbing, yakni di Kawasan Jalan Sawojajar I dan Jalan Sawojajar II. Kedua kegiatan rehabilitasi jembatan ini dianggarkan sebesar Rp 235 Juta, masing-masing Rp 116 Juta dan Rp 119 juta.
Di Kecamatan Kedungkandang juga akan dilakukan satu kegiatan rehabilitasi jembatan. Tepatnya jembatan yang berada di Jalan KH Malik Dalam RT 2 RW 2 Kelurahan Buring. Dianggarkan sebesar Rp 1,42 miliar dan jembatan lainnya. (ica/aim)

Berita Lainnya :