So Sweet, Polisi Beri Kejutan Khusus



MALANG – Peringatan HUT ke 72 TNI di Lapangan Rampal diwarnai kejutan dan persembahan untuk TNI, Kamis (5/10) kemarin. Usai upacara, anggota Polres Malang Kota dengan menaiki Bus Macyto milik Pemkot Malang menyerahkan kue tart dan tumpeng, so sweet sekali. Lantas ada persembahan sosio drama dari SMP Islam Al Maarif 092 Kota Malang bersama anggota Koramil Sukun.
Kejutan yang menghebohkan usai upacara datang dari Polres Malang Kota. Sejumlah anggota Polres Malang Kota tiba-tiba masuk Lapangan Rampal. Mereka menaiki dua unit bus Macyto dan dikawal dengan empat motor dinas!  Tak sekadar memberikan ucapan selamat. Tapi juga memberikan kue tart dan tumpeng.
Dua bingkisan ulang tahun untuk TNI itu, oleh anggota Polisi diserahkan kepada Kapolres Malang Kota AKBP Hoiruddin Hasibuan. Selanjutnya, perwira dengan dua melati di pundak ini menyerahkan kue tart dengan lilin angka 72 di atasnya kepada Kasrem Letkol Inf Sugiatmono.
Sambil mengucapkan selamat ulang  tahun, Hoiruddin pun memanjatkan harapan terhadap TNI, agar selalu jaya, dekat dengan rakyat dan profesional dalam tugas.
Sugiatmono menerima kue berukuran besar tersebut, langsung meniup lilin. Kemudian memotong kue pemberian Kapolres, untuk selanjutnya diberikan kepada Sersan Dua (Serda) Jayeng Joko Susilo, anggota Resimen Armed I.
”Ini kejutan ide dari teman-teman. Pak Wakapolres yang memiliki ide,’’ tegas Kapolres.
Kejutan ini, kata Kapolres sebagai wujud rasa bangga terhadap TNI, yang selama ini melaksanakan tugas dengan profesional. Bersama-sama Polri  dan masyarakat selalu menciptakan rasa aman.
”Dulu waktu HUT Bhayangkara, pak Danrem menggelar acara syukuran di Makorem. Ini luar biasa, dan wujud kebersamaan yang terjalin selama ini,’’ tegasnya.
Sementara itu, Dandim 0833 Letkol Inf Nurul Yakin mengaku sangat terkesan dengan kejutan yang diberikan Kapolres Malang Kota. Nurul mengatakan jika kejutan yang diberikan anggota Polres Malang Kota tersebut merupakan potret hubungan mesra antara TNI dan Polri, khususnya di Kota Malang.
”Teman-teman bisa lihat tadi, pak Kapolres memberikan coklat, di tengah-tengah kami ada Wali Kota Malang, ini wujud dari sinergi, dan kebersamaan yang kami jalin. Kami saling mendukung satu sama lainnya, terutama dalam mewujudkan pembangunan daerah,’’ urainya.
Usai kejutan kue tart dari Polisi. Siswa SMP Islam Al Maarif 02 Kota Malang menampilkan sosio drama dengan sangat apik. Hebatnya, mereka berkolaborasi dengan anggota Koramil Sukun. Para siswa ini menampilkan cerita memperebutkan Kota Surabaya. Melawan penjajah, para siswa menunjukkan keahliannya dalam beratraksi.  Tentu saja sosio drama inipun mendapat apresiasi dari seluruh tamu undangan yang hadir.
Dalam peringatan HUT ini, Korem 083/BDJ juga memanjakan masyarakat dengan menggelar joy ride kepada masyarakat. Mereka bebas naik kendaraan Panser Anoa. Ada empat kendaraan yang disediakan, untuk joy ride.
Begitu joy ride dibuka, masyarakat pun berebut naik. Mereka sangat antusias dan sangat senang dengan tawaran yang diberikan itu.
”Senang, karena tidak pernah naik kendaraan seperti ini,’’ aku Marshanda salah satu siswa SMP Kartika IV-9 Kota Malang.
Sementara saat joy ride berlangsung, secara tiba-tiba anggota Persit Chandra Kirana  menghadang Panser Anoa yang sedang berjalan. Bukan untuk naik, tapi mereka  hanya melakukan foto wefie di depan panser yang penuh sesak warga.
Sebelum, penyerahan kue tart, sosio drama hingga joy ride, upacara peringatan HUT ke 72 TNI berlangsung sakral. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna.
Dalam upacara tersebut, Rendra membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, di antaranya berisi bahwa peringataan HUT ke 72 TNI. Bahwa peringatan dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan  upacara, parade, defile, dan demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit dan alutsista.
Ini sebagai wujud pertanggung jawaban TNI kepada Presiden selaku Panglima tertinggi, dan rakyat Indonesia,  tentang kesiapan Alutsista TNI termasuk yang terbaru dan performa prajurit TNI. Sehingga bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung sebagai komponen utama pertahanan negara.
Pada rangkaian upacara juga diisi dengan penyerahan secara simbolis kunci rumah kepada warga yang mendapatkan program Rumah Tak Layak Huni (RTLH).  Selain itu Korem juga memberikan penghargaan terhadap  warga atau perwakilan BUMN yang beberapa waktu lalu mensukseskan Kirab Apresiasi Atlet SEA Games.
Peringatan HUT TNI ini kemarin juga diwarnai dengan potong tumpeng oleh Kasrem Letkol Inf Sugiatmono dan diberikan kepada Brigadir Jendral Purnawirawan Sumarno.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kadislog Lanud Abd Saleh Kol Pnb SA Bangkit, Palaksa Lanal Malang Letkol (L) Muryanto, Kapolres Malang Kota  AKBP Hoiruddin Hasibuan, Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna,  Wali Kota Malang H. Moch. Anton, Dandim 0833 Letkol Inf Nurul Yakin, Kajari Kota Malang Purwanto Joko Irianto, Kasrem Letkol Inf Sugiatmono,  Dandim 0818 Letkol Arm Muridan. Hadir juga sebagai tamu undangan Direktur Malang Pot H Sudarno Seman dan Asisten Direktur H. Edi Iswanto serta para tamu undangan lainnya.(ira/ary)

Berita Lainnya :