Terbaik, Dishub Terima Penghargaan Adinata Mandrakanta


MALANG – Dinas Perhubungan Kota Malang menjadi yang terbaik dalam penilaian kinerja yang dilakukan Pemkot Malang dalam Triwulan II 2019. Selasa (13/8), penghargaan Adinata Mandrakanta diserahkan Wali Kota Malang Sutiaji kepada OPD terbaik di lingkungan Pemkot Malang.
Terbaik kedua ditempati Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang. Dan peringkat ketiga, diraih Sekretariat Daerah Kota Malang. Penghargaan tersebut, diharapkan mampu memicu motivasi kepada OPD lain untuk melakukan inovasi dan meningkatkan kinerja. OPD-OPD itu mengikuti rangkaian seleksi dan evaluasi yang dilakukan oleh Barenlitbang Kota Malang.
Wali Kota Malang, Sutiaji mengungkapkan, anugerah tersebut merupakan salah satu bentuk prestasi yang harus dipertahankan dan ditingkatkan oleh masing-maaing OPD.
"Penghargaan ini untuk memacu dan memicu agar OPD bekerja sesuai target dan terus memberi layanan yang terbaik," kata Sutiaji di halaman Balai Kota Malang.
Ia berharap, untuk OPD yang berhasil meraih pemghargaan harus tetap mempertahankan prestasinya. Sementara, untuk yang belum pernah mendapatkan penghargaan, bisa termotivasi. "Untuk OPD yang lain, ayo terus ciptakan inovasi. Terus berlomba-lomba dalam melakukan perbaikan," jelas dia.
Kasubbid Pelaporan Barenlitbang Kota Malang, Diana Ermandra Dewi menambahkan, penghargaan tersebut diberikan dalam evaluasi setiap tiga bulan sekali, sebagai bentuk apresiasi bagi para OPD. "Sehingga, kami berharap, setiap OPD mampu meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi," ujar dia.
Diana menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan setelah beberapa OPD melakukan seleksi dan evaluasi rencana kerja Triwulan II tahun anggaran 2019. Penilaian yang dilakukan Barenlitabang memiliki beberapa kriteria, diantaranya, ketepatan waktu dalam mengumpulkan hasil evaluasi, kesesuaian dalam mengisi formulir evaluasi rencana kerja, nilai predikat output, serta nikai predikat anggaran.
"Evaluasi hasil renja ini selanjutnya akan dirangkum dalam dokumen evaluasi hasil RKPD Kota Malang triwulan II 2019 untuk kemudian disampaikan kepada Gubernur Jawa Timur melalui Bappeda Provinsi Jawa Timur," ungkapnya.
Menurutnya, penghargaan tersebut sudah diberikan sejak tahun 2018 lalu. Saat ini, hampir semua OPD sudah mendapatkan pengharhaan tersebut. "Kami berharap OPD yang belum mendapat penghargaan termotivasi," jelas dia.
Ke depan, pihaknya menargetkan agar kriteria dalam evaluasi hasil rencana kerja (Renja) dapat terus ditingkatkan. Salah satunya adalah penilaian lada aspek kemanfaatan dari program yang telah dilaksanakan pada masyarakat. "Sehingga, program yang direncanakan outputnya lebih jelas dan dirasakan masyarakat," tandas dia.  (tea/aim)

Berita Terkait