Tiga Pasar Rakyat Siap Diresmikan

SIAP DIRESMIKAN: Pasar Bunulrejo akan diresmikan 26 Maret mendatang, bersamaan dengan dua pasar rakyat lainnya.
 
 
MALANG- Tiga pasar rakyat Kota Malang yang selesai dilakukan revitalisasi pada tahun lalu, akan diresmikan serentak pada 26 Maret mendatang. Tiga pasar yang diresmikan adalah Pasar Klojen, Bunul, dan Gadang Lama.
Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang Drs Wahyu Setianto MM menjelaskan, serah terima dua pasar yang telah selesai di revitalisasi melalui dana bantuan pemerintah pusat akan dilakukan bersamaan. Meski belum serah terima, pihaknya sudah melaporkan kondisi pasar yang telah ditempati kembali pedagang kepada pemerintah pusat.
 “Peresmian dilakukan bersamaan tiga pasat. Semua karena kita ingin warga langsung tahu dan berkunjung ke padar rakyat,” kata Wahyu kepada Malang Post beberapa waktu lalu.
Peresmian pasar akan dipusatkan di Pasar Bunul dalam gelaran Festival Pasar Rakyat.
 "Kondisi pasar setelah renovasi sudah 100 persen. Hanya ada beberapa perbaikan terkait kebocoran," jelas pria yang menggemari olah raga motorbike ini. 
Wahyu juga sudah memberikan laporan ke pengembang. Pasalnya, enam bulan setelah pasar selesai dibangun, pengembang masih bertanggungjawab untuk melakukan perawatan pasar. Dalam peresmian nanti, Dinas Perdagangan akan memberikan kantong belanja untuk  menggantikan kantong plastik yang selama ini dipakai.
"Selama ini kan hanya wacana-wacana saja. Nanti saat peresmian, ada 180 pedagang yang akan dibagikan kantong belanja. Tapi ini diberlakukan hanya di Pasar Klojen," paparnya.
Kantong belanja itu terbuat dari kertas. Hanya bisa sekali pakai saja. Ke depannya, dinas akan memperbanyak jumlah kantong belanja yang dibagikan. Saat ini, masih terkendala anggaran.Untuk itulah untuk gerakan pertama dilakukan di satu pasar dulu.
 “Agar menarik warga untuk datang ke pasar mereka yang sudah di renovasi itu” tegas mantan Kasatpol PP Kota Malang ini. 
Di sisi lain, Dinas Perdagangan tengah mengoptimalkan konsep Pasar Halal. Kata Wahyu, untuk mewujudkan Pasar Halal tidak mudah. Perlu pembahasan dan persiapan matang dengan beberapa pihak.
"Kami koordinasi dengan Kementerian Agama, MUI, akademisi dan sektor lainnya. Jadi memang tidak mudah, " tutupnya. (ica/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :