Tiket KA Lebaran Mulai Dijual


MALANG - PT KAI mulai menjual tiket kereta api (KA) tambahan Lebaran secara online. Hal ini setelah sebelumnya memastikan adanya KA tambahan khusus angkutan Lebaran. Warga bisa membeli tiket secara online di sejumlah tempat yang disediakan PT KAI.
Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko mengatakan pembelian tiket secara online untuk pemudik Lebaran yang menggunakan jasa KA tambahan mulai dilayani sejak Senin (16/4) dini hari. Pembelian melalui aplikasi KAI Accsess, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket dan jaringan PPOB. Selain itu website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.
Tak hanya menyediakan aplikasi dan layanan pembelian tiket online, PT KAI juga memperbesar kapasitas bandwidth pemesanan tiket. Yakni dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. “KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem IT serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA,” jelas Gatut.
Lebih lanjut dia mengatakan, untuk masa angkutan Lebaran, PT KAI menyediakan 8.172 seat kereta tambahan per hari untuk layanan Jakarta-Jatim. Rincian KA Gajayana Lebaran jurusan Gambir-Malang 900 seat, KA Sembrani Lebaran, jurusan Gambir – Surabaya –Pasar Turi dengan 900 seat.
KA Sancaka jurusan Jogjakarta-Surabaya-Gubeng dengan tambahan 1.420 seat,  KA Pasundan jurusan Kiaracondong-Surabaya-Gubeng sebanyak 1.368 seat. Selain itu KA Matarmaja jurusan Pasar Senen-Malang dengan tambahan 1.792 seat, KA Kertajaya Lebaran jurusan Pasar Senen-Surabaya-Pasar Turi dengan tambahan seat 1.792.  
Enam KA tambahan tersebut mulai beroperasi pada waktu yang bervariasi. Sebagian besar mulai beroperasi pada 8 Juni hingga 25 Juni 2018. Namun ada KA yang beroperasi lebih awal, yakni Kertajaya Lebaran yang mulai dioperasikan mulai 5 Juni 2018 hingga 26 Juni 2018.
Sementara itu pantauan Malang Post, di Stasiun Kota Baru Malang kemarin siang memang sudah tampak antrean pembelian tiket, Sebagian memang mencari tiket KA tambahan Lebaran tahun ini.
”Saya sudah tahu ada penambahan gerbong. Makanya ini langsung cari tiketnya. Lebaran mau ke Jogja soalnya,” tandas Ernita Viola seorang mahasiswi saat ditemui di Stasiun Kotabaru. Ia menambahkan penambahan gerbong selalu ia manfaatkan untuk berlibur saat Lebaran. Karena kebanyakan penumpang akan memilih bepergian di beberapa hari sebelum hari raya. (ica/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :