TP PKK Gelar Lomba Make-up, Hargai Profesi MUA


MALANG - Puluhan peserta Make-up Competition mulai memadati Kartini Imperial Ballroom, Rabu (23/1) pagi. Kategori peserta umum diikuti puluhan ibu-ibu PKK, mereka menyapukan make-up ke wajahnya. Sementara, untuk kategori profesional, menyapukan kuas ke model.
Kompetisi merias tersebut dimulai sekitar pukul 09.00 pagi, masing-masing peserta diberi waktu sekitar 60 menit untuk memberikan riasan sempurna pada wajah. Kompetisi tersebut sekaligus memberikan pengetahuan kepada para perempuan terkait teknik merias wajah dan pentingnya menggunakan kosmetik.
Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji mengungkapkan, lomba make-up tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diberikan untuk profesi Make-up Artist (MUA) yang saat ini sedang booming.
"Merias wajah merupakan salah satu bentuk seni. Mereka memiliki teknik yang tidak gampang," terang dia.
Menurutnya, penggunaan make up pada wajah tersebut tidak hanya sebagai penyempurna penampilan, namun juga bisa menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan pada wajah. "Sehingga bisa menampilkan kecantikan pada wajah. Saat ini, make-up juga sudah menjadi kebutuhan mendasar pagi para perempuan," kata dia.
Dengan adanya kompetisi tersebut, pihaknya berharap, bisa sekaligus memberikan berharga bagi para peserta. "Mudah-mudahan bisa menjadi bekal untuk mengembangkan profesinya. Sekaligus, mengasah kemampuan peserta untuk eksplorasi banyak hal," kata dia.
Selain itu, para peserta juga bisa memanfaatkan peluang untuk mengembangkan bisnisnya. "Saat ini, peluang menjadi MUA sangat terbuka lebar. Sudah beda jauh tidak seperti dulu," papar dia.
Nantinya, para pemenang lomba make-up tersebut akan dijembatani untuk mengembangkan profesinya. "Kami akan mengkomunikasikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait ketika mereka hendak mengadakan event. Mungkin bisa menggunakan jasa peserta lomba make-up hari ini," tandas dia.
Selain lomba Make-up, pihaknya juga mengadakan bazaar UMKM yang dihadiri oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tersebut kebanyakan merupakan binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang.
"Bazaar tersebut kami adakan selama dua hari, hari ini dan besok, Kamis (24/1)," kata dia.

Berita Terkait