Usai Nyoblos Dapat Bakso Gratis


MALANG - TPS 14 dan 15, RW 10 Kelurahan Merjosari punya cara unik dalam menyelenggarakan pesta demokrasi. Pihak RW 10 memberikan seporsi bakso gratis bagi masyarakat yang mengunakan hak suaranya pada Pemilu, Rabu (17/4).
Salah satu warga, Nabila Diah Novitasari mengaku senang karena mendapat bakso. Niatnya, ia datang ke TPS hanya untuk menyoblos. "Senang bisa makan. Kebetulan belum sarapan," ujar Nabila sambil tertawa.
Bakso gratis ini membuat suasana TPS yang berada di belakang Warung Angkringan Pojok ini tampak gayeng. Warga yang telah mencoblos bisa bersantai di depan TPS sambil makan bakso dan becanda ria dengan warga lainnya.
Nabila mengatakan bakso gratis seperti ini sudah berjalan sejak pemilihan Wali Kota Malang tahun lalu. Ia datang ke TPS karena punya harapan kepada wakil rakyat, terutama DPRD Kota Malang.
Perempan berusia 19 tahun ini ingin masalah-masalah yang terjadi di Malang segera di atasi. Ia mengeluhkan kerusakan jalan yang terjadi di mana-mana menyebabkan kecelakaan.
 Warga lainnya, Siti Aqofah juga senang mendapat bakso gratis. "Lumayan, rejeki tidak boleh tolak," kata Siti Aqofah.
Perempuan 57 tahun ini mengapresiasi KPPS dan pihak RW 10 yang sudah mengkonsep Pemilu dengan baik. TPS seperti ini perlu untuk dipertahankan dan dicontoh oleh TPS lain agar suasana pemilu tidak tegang.
Siti Aqofah berharap Pemilu kali ini nantinya memunculkan sosok-sosok pemimpin dan wakil rakyat yang amanah. "Jalan-jalan di Malang sekarang macet semua. Itu harus dibenahi," kata Siti Aqofah.
Seluruh perlengkapan TPS 14 dan 15 disediakan oleh KPPS dan KPU, namun baksonya disediakan pihak RW 10. Ketua RW 10, Baroni mengatakan pihaknya menyediakan sejumlah 600 porsi untuk dua TPS, masing-masing 300 porsi.  Jumlah itu untuk memenuhi jumlah DPT di TPS 14, yaitu 263. Sedangkan di TPS 15 dengan jumlah DPT 276. "Warga RW 10 ini tingkat toleransinya tinggi. Kami sediakan agar lebih guyub," kata Baroni. (mg2/jon)

Berita Terkait