Warga Bisa Daftarkan Bangunan Cagar Budaya

 
MALANG – Warga Kota Malang yang memiliki bangunan cagar budaya bisa mendaftarkan bangunannya kepada Pemkot Malang. Bangunan cagar budaya itu akan dicatatkan dalam daftar cagar budaya Kota Malang yang melekat hak dan kewajibannya. 
Anggota Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang Ir Budi Fathony menjelaskan, pelaporan atau pendaftaran dapat dilakukan dengan dua cara, yakni cara manual  dengan datang ke kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Malang. Cara kedua dengan meregristasikan melalui online melalui laman cagar budaya Kemendikbud.go.id
“Hal ini perlu diketahui masyarakat luas karena Kota Malang ini terbekahi dengan banyak benda peninggalan yang memiliki sisi historis dan pengetahuan yang bermanfaat,” kata Budi kepada Malang Post, kemarin.
Dosen arsitektur ini mengatakan, dengan pengetahuan ini Pemkot Malang dapat dengan mudah melakukan inventarisir cagar budaya atau benda bersejarah. Selama ini, salah satu hambatan yang didapati tim ahli cagar budaya dalam mengindentifikasi suatu bangunan ada pada pemiliknya. Keberadaan mereka biasanya susah ditemui atau sangat tertutup.
“Warga harus mengetahui kriteria benda dikatakan cagar budaya atau tidak. Lalu mengenal dua persyaratan penting untuk registrasi,” terangnya.
Lebih lanjut ia menerangkan, ada dua persyaratan yakni persyaratan administrasi dan teknis yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Persyaratan administrasi, pemilik atau penemu benda harus melengkapi dokumen.
Seperti dokumen status penetapan, status kepemilikan, dan perizinan (jika berupa bangunan dan struktur fisik lainnya,red). Kemudian berlanjut dengan pemenuhan syarat teknis.
“Untuk teknisnya perlu diperhatikan peruntukan dari benda cagar, jika berupa bangunan dilihat intensitas bangunan gedung lalu peruntukan lokasi, kepadatan, jarak dan banyak lainnya,” tandas Budi. 
Turut menambahkan Kasi Promosi Pariwisata Disbudpar Kota Malang Agung H Bhuana menyampaikan, sampai saat ini pihaknya tetap melakukan inventarisir benda, bangunan, maupun struktur cagar budaya yang ada di Kota Malang. Menurut catatan hingga saat ini terdapat 20 benda cagar di Kota Malang yang segera ditetapkan sebagai Cagar Budaya Kota Malang. (ica/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :