Wawali Ajak Anak Yatim Mencintai Tanah Air


MALANG - Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengikuti kegiatan buka puasa bersama anak yatim piatu dan dhuafa di Perpustakaan Umum Kota Malang, Jumat (17/5) . Pria yang akrab disapa Bung Edi tersebut, menanamkan nilai kebangsaan kepada anak-anak yatim.
"Ada banyak tugas yang nanti harus diselesaikan. Maka mencintai bangsa dan negara kita Indonesia harus selalu dijaga," kata dia dihadapan ratusan anak-anak yatim dan duafa yang digelar Aksara Tumapel Malang itu.
Lebih lanjut, Bung Edi menguraikan, pendidikan karakter untuk anak-anak sangat penting diberikan, sebagai pendamping dari intelektual dan kecerdasan setiap anak. Menurutnya,  kecerdasan dan pendidikan menjadi satu kesatuan yang penting untuk menciptakan generasi penerus yang lebih hebat. Tentunya harus berkarakter, berjiwa religi, memiliki sopan santun, serta ilmu yang tinggi.
"Ketika semuanya dimiliki anak-anak, maka itu akan menjadi lebih baik lagi ke depan," urai dia.
Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan menerapkan pendidikan karakter di tahun ajaran baru yang telah dimulai. Harapannya, ada keseimbangan antara karakter anak dan ilmu pengetahuan yang terus mengalami perkembangan pesat.
"Nilai kebudayaan, etika, kebangsaan, dan karakter kita sebagai bangsa Indonesia tidak boleh ditinggalkan, meski saat ini kemajuan zaman tak bisa ditolak dengan segala ilmu pengetahuannya," tandas dia.
Buka puasa bersama anak yatim piatu dan dhuafa itu digelar Aksara Tumapel Malang. Acara yang setipa tahunnya ini akan memberikan santunan kepada sekitar 400 anak yatim. Sebagian sudah disalurkan di Perpustakaan Kota Malang, sebagian lainnya akan langsung disalurkan kepada anak yatim yang bersangkutan.
“Kalau harus datang semua ke Perpustakaan ini takutnya tidak cukup dan juga alasan kemacetan. Sebagian lain akan kami langsung sampaikan kepada anak-anak yatim lainnya yang belum hadir di Perpustakaan,” uajr M. Taufik dari Aksara Tumapel. (tea/aim)