YBM PLN UP3 Malang Salurkan Bantuan Rp 80 Juta


MALANG – Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) UP3 Malang bersama dengan LAZNAS Baitul Maal Hidayatullah gerai Malang menyalurkan bantuan kepada dhuafa dan pondok pesantren di Malang Raya. Bertempat di Masjid PLN UP3 Malang Jalan Basuki Rahmat, Rabu (15/5) kemarin, total bantuan yang diserahkan senilai Rp 50 juta.
Bantuan itu ditujukan untuk renovasi MCK yang ada di 3 pondok pesantren, yaitu Pondok Pesantren Al Ikhlas Pagelaran, An-Nur Tajinan dan Al-Mashitoh Lawang. Selain itu, juga ada bantuan berupa modal sebesar Rp 30 juta dan bantuan gerobak berkah untuk dhuafa di wilayah Malang Raya.
 “Setiap bulan pegawai muslim PLN dipotong 2,5 persen yang dihimpun di YBM-PLN untuk kemudian disalurkan. Kali ini penyaluran senilai Rp 30 juta untuk 20 gerobak. Dengan adanya itu diharapkan mereka menjadi lebih mandiri dan menambah penghasilannya,” kata Muhammad Amri, Ketua YBM-PLN UP3 Malang.
Sementara itu, untuk bantuan renovasi MCK dilakukan karena fasilitas yang dimiliki ketiga pondok pesantren tersebut sangat minim. Sedangkan keperluan untuk MCK merupakan kegiatan sehari-hari dan digunakan oleh orang banyak.
“Seringkali kondisinya yang kadang tidak menjadi perhatian atau minim fasilitas adalah MCK nya, dengan bantuan ini supaya mereka bisa lebih terjaga kebersihannya,” imbuh Amri.
Selain penyaluran bantuan renovasi MCK dan bantuan gerobak berkah, YBM-PLN juga telah memiliki banyak program lainnya, seperti beasiswa dan ATM beras untuk dhuafa, pembagian modal, bantuan ternak kambing hingga pembelian mesin penghapus tattoo yang bisa digunakan untuk mualaf ataupun muslim yang ingin hijrah.
YBM-PLN akan terus menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan karena sumber dana yang dimiliki merupakan sebuah amanah. Pada tahun 2018 lalu, YBM-PLN telah sukses menyalurkan dana sosial senilai Rp 450 juta. Pada tahun 2019 ini YBM-PLN telah menyalurkan kurang lebih sebesar Rp 250 juta.
“Perusahaan membuat yayasan dengan bentuk baitul maal ini supaya dana ataupun uang yang di zakatkan karyawan bisa membantu untuk orang orang yang membutuhkan, yang sifatnya sosial. Disalurkan juga untuk korban bencana. Jadi uang yang dikumpulkan sifatnya untuk jariyah kita,” jelas M. Eryan Saputra, Manager PT. PLN Persero UP3 Malang.
Manager BMH gerai Malang, Sony Abdul Karim S.PdI., yang juga hadir pada kesempatan tersebut turut mengapresiasi kegiatan YBM-PLN. Terlebih BMH selalu dipercaya dalam setiap kegiatan YBM-PLN.
“Alhamdulillah untuk kesekian kalinya kami mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya, atas sinerginya, atas kolaborasinya dalam rangka memberikan kontribusi yang manfaat kepada masyarakat. Semoga Ramadan ini segala amal baik yang wajib maupun yang sunnah dapat diterima oleh Allah SWT,” ujar Karim, sapaannya. (mp3/sir/aim)

Berita Terkait