Ziarah Ki Ageng Gribig, Disiapkan Jadi Wisata Religi


MALANG – Pejabat Pemkot Malang termasuk Pjs Wali Kota melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Gribig, di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang,  kemarin. Meskipun bukan kali pertama, para pejabat tampak khusyuk dalam ziarah yang dimulai pukul 11.00 WIB ini.
Bersama-sama mereka memanjatkan doa di makam pendiri Malang ini dengan dipimpin oleh Camat Blimbing Muarib.
”Pertama kami mengucapkan rasa syukur, juga bangga dengan almarhum (Ki Ageng Gribig). Dimana melalui beliaunya Malang ini berdiri,’’ kata PJs Wali Kota Malang Dr Ir Wahid Wahyudi MT.
Bukan itu saja, Wahid menguraikan kegiatan ziarah ini sekaligus sebagai upaya untuk mengingat jasa perjuangan Ki Ageng Gribig. Dia juga meminta masyarakat untuk tidak melupakan Ki Ageng Gribig.
”Sesuai cerita yang saya baca, Ki Ageng Gribig adalah sosok pejuang tangguh. Melalui perjuangan yang dilakukan, beliau berhasil mendirikan Malang,’’ tambah pria yang juga menjabat  Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur ini.
Disinggung dengan doa apa saja yang dipanjatkan kemarin, Wahid mengatakan tidak ada yang spesifik. Doanya sama seperti yang dikirimkan warga pada umumnya.  Pertama mendoakan Ki Ageng Gribig dan keluarganya dapat masuk surga sekaligus meminta Allah SWT mengabulkan segala yang dicita-citakan Ki Ageng Gribig.
”Doa terakhir yang kami panjatkan tadi adalah, agar kami dapat melajutkan perjuangan, sehingga cita-cita Ki Ageng Gribig dapat tercapai,’’ ungkap Wahid.
Wahid juga mendoakan yang terbaik untuk Kota Malang. Menjadi kota sesuai harapan masyarakat. Lebih maju, angka kemiskinan berkurang, kesejahteraan masyarakat meningkat, dan pembangunan di Kota Malang terus berjalan.
Sementara itu, ziarah tak hanya dilakukan di makam Ki Ageng Gribig. Rombongan yang juga terdiri dari Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), camat dan lurah ini juga melakukan ziarah di makam Bupati Malang ke I, Raden Tumenggung Notodiningrat, Raden Pandan Welasmorokusumo yang berada di kawasan makam Ki Ageng Gribig.
Awalnya, rombongan pejabat Pemkot Malang ini juga akan melakukan ziarah ke makam Bupati Malang ke 2, Raden Bagus Doro yang juga terletak di kawasan makam Ki Ageng Gribig. Namun urung dilakukan, lantaran Pjs Wali Kota ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan.
Usai mengunjungi makam Ki Ageng Gribig, Wahid mengatakan kawasan tersebut sangat berpotensi menjadi jujugan wisatawan. Konsep yang ditawarkan bukan wisata biasa, tapi wisata religi. ”Ini bisa dikelola dan dikembangkan menjadi wisata religi. Selain tempatnya nyaman, sosok Ki Ageng Gribig sebagai pendiri Malang mampu menyedot perhatian para wisatawan. Dan nanti konsep ini akan kami bicarakan secara serius dengan dinas terkait,’’ tandasnya.
Ziarah ke makam Ki Ageng Gribig kemarin dilakukan usai gelaran Sidang Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kota Malang. Menggunakan bus milik Pemkot Malang, para pejabat langsung meluncur menuju kawasan makam Ki Ageng Gribig.  Tak hanya para pejabat Pemkot Malang, ziarah juga diikuti oleh Kepala Bank Jatim Cabang Malang Elfaurid Aguswantoro. (ira/han)

Berita Lainnya :