2019, PDAM Targetkan 6 Ribu Pelanggan Baru


MALANG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang menargetkan 6 ribu sambungan rumah (SR) pelanggan pada tahun 2019 ini. Target tersebut, untuk memenuhi capaian program hibah air minum perkotaan dan pedesaan, dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
Menurut Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, tahun ini Kementerian PUPR melanjutkan program hibah air minum perkotaan dan pedesaan. Anggaran untuk program ini sebesar Rp 850 miliar. Sumber dana berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).
Dari total anggaran tersebut, dibagi antara perkotaan dan pedesaan. Perkotaan mendapat Rp 700 miliar, dengan target 230 ribu SR. Sementara pedesaan mendapat Rp 150 miliar dengan target SR sebanyak 75 ribu. "PDAM dari anggaran pedesaan tersebut, mendapat dana hibah sebesar Rp 15 miliar, untuk menambah jumlah SR," ujar Syamsul Hadi.
Berdasarkan dana hibah yang didapat tersebut, Syamsul Hadi optimis bisa memenuhi target 6 ribu SR untuk pelanggan baru sebelum batas waktu yang ditentukan pada pertengahan Februari ini. Pasalnya saat ini, pelanggan PDAM sudah mencapai 5200 lebih SR. "Kami optimis bisa mencapai target tersebut. Kami akan mengerahkan 19 kantor unit PDAM dari total 26 unit yang ada di Kabupaten Malang," tuturnya.
Tidak hanya itu, untuk memenuhi ketersediaan air bersih, PDAM Kabupaten Malang juga akan meningkatkan pasokan air. Salah satunya dengan membuat sumur bor baru ataupun mencari sumber air baru. Karena dengan penambahan SR, maka secara otomatis kebutuhan air bersih juga akan meningkat. "Selama ini untuk memenuhi ketersediaan air bersih kepada pelanggan, kami sudah memiliki 44 sumber air serta 17 sumur bor. Ketika ada penambahan pelanggan, maka kami juga akan membuat sumur bor baru," pungkasnya. (agp/udi)

Berita Terkait