60 Persen Anak Usia Remaja Gunakan Narkoba


KEPANJEN - Peran orangtua dalam memerangi narkotika sangat diperlukan. Sebab 60 persen dari pengguna narkoba di Kabupaten Malang, adalah anak usia remaja. Demikian disampaikan Kepala BNN Kabupaten Malang, Letkol Laut CPM Agus Musrichin.
“Peran orangtua sangat dominan dalam pencegahan dan memberantas narkotika. Orangtua harus terus mengawasi setiap pergaulan dan perubahan pada anak,” ungkap Agus Musrichin.  Dia mengatakan, peredaran narkotika di Kabupaten Malang masih sangat tinggi.
Terutama jenis sabu dan pil koplo. Dari sekian banyak pelaku narkotika, rata-rata usia mereka antara 20 tahun hingga 40 tahun.  “Sasaran peredaran narkotika ini, paling banyak adalah anak-anak remaja generasi muda,” ujarnya.
BNN Kabupaten Malang, juga sudah memetakan beberapa daerah di Kabupaten Malang yang rawan dengan peredaran narkotika. Terutama daerah perbatasan. Baik yang berbatasan dengan Kota Malang atau kota lain, seperti Pasuruan.
“Termasuk dengan daerah pesisir laut, juga rawan sebagai tempat peredaran narkotika. Namun kami bersama dengan Polsek serta Koramil, sudah melakukan pemetaan untuk mengantisipasinya,” jelas Agus.
Ditambahkannya, bahwa peredaran narkotika saat ini lebih banyak dilakukan di jalur darat. Seperti pengiriman lewat ekspedisi. Upaya pencegahan dan pemberantasan, BNN Kabupaten Malang terus melakukan sosialisasi ke masyarakat, sekolah, instansi serta perusahaan.
Termasuk melakukan giat berantas, dengan menggelar operasi gabungan bersama Satreskoba Polres Malang, TNI, Dinas Kesehatan dan Satpol PP dengan sasaran tempat hiburan dan kos-kosan.
Sementara itu, untuk pencegahan kemarin BNN Kabupaten Malang juga melakukan tes urine pada beberapa wartawa di Kabupaten Malang. Hasilnya semuanya negatif tidak ada yang positif sebagai pengguna narkoba.  
“Tes urine ini jurnalis ini, untuk mendukung tugas BNN. Bagaimana wartawan bisa memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba kalau wartawannya saja positif mengkonsumi narkoba,” paparnya.
Sementara itu, memperingati Hari Anti Narkotika International (HANI), BNN juga menggelar donor darah, pagi kemarin. Kegiatan donor darah ini, selain diikuti anggota BNN Kabupaten Malang, juga melibatkan TNI, Polri, Senkom, Malang Care serta masyarakat sekitar Pakisaji. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...