78,05 Persen Masyarakat Puas Dengan Layanan Publik


KEPANJEN – Kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam hal pelayanan  kepada masyarakat dinilai memuaskan. Hal ini tercermin kepada hasil Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) mencapai 78,05 persen. Masyarakat merasakan kepuasan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas serta pelayanan kependudukan di Dispendukcapil
Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Malang, Ir Mochammad Ichwan, penilaian IKM tersebut melalui metode survey yang dilakukan tahun 2016 lalu. “Sedangkan pada tahun 2015 lalu, hasil survey sebesar 77 persen. Sedangkan akhir tahun 2016 lalu, naik satu digit menjadi 78,05 persen,” ujarnya kepada Malang Post, kemarin.
Dia menjelaskan, dari 78,05 persen tersebut, mayoritas masyarakat puas terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas. Di bawah kendali Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, seluruh Puskeesmas berbenah diri dalam hal pelayanan. Seperti buka 24 jam, melayani rawat inap dan terdapat beberapa puskesmas memiliki kekhususan.
“Kemudian peringkat dua, masyarakat puas terhadap pelayanan kependudukan. Hasil penilaian masyarakat, dari tahun ke tahun pelayanan kependudukan semakin baik,” terang pria ramah ini. Sedangkan takarannya, kata dia, pelayanan kependudukan di Dispendukcapil Kabupaten Malang, semakin cepat dan fasilitasnya semakin lengkap.
Ichwan menyebut, gedung baru Dispendukcail tidak hanya lebih besar dan lebih banyak menampung masyarakat maupun pemohon. Melainkan terdapat beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti gazebo, area merokok dan ruang menyusui. Selain itu, pegawai yang melayani pengurusan surat kependudukan semakin banyak.
 “Terlepas dari belum maksimalnya distribusi blangko KTP El dari pemerintah pusat, masyarakat masih merasakan perbaikan pelayanan di Dispendukcapil,” urainya. Sedangkan untuk pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang, juga mengalami peningkatan.
Namun, dia menyebut peningkatannya tidak terlampau siginifikan. Masih kata Ichwan, akhir tahun nanti diharapkan IKM meningkat sebesar 78,55 persen. “Target kenaikannya memang tidak terlalu signifikan. Namun, kami tetap mendorong seluruh SKPD untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat,” tuturnya.
Selain itu, di akhir pemerintahan Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna tahun 2021 mendatang, diharapkan IKP akan berkisar pada angka 80 persen dari seluruh jumlah masyarakat Kabupaten Malang. (big)

Berita Terkait

Berita Lainnya :