Air Hujan Gerus Jalan Penghubung Donomulyo

Kondisi jalan penghubung dua desa di Donomulyo longsor setelah tergerus air hujan selama seharian. 
 
DONOMULYO- Jalan penghubung dua desa di Donomulyo, nyaris terputus  dini hari kemarin. Yakni jalan yang menghubungkan Desa Purwodadi dengan Desa Donomulyo. Setelah tebing jembatan jalan mengalami longsor akibat tergerus air hujan. 
“Informasi yang kami terima, tebing jalan longsor sekitar pukul 02.00, setelah hujan turun deras. Kanit Binmas bersama anggota Bhabinkamtibmas, sudah mengecek ke lokasi,” jelas Kanitreskrim Polsek Donomulyo, Ipda M Arif Karnawan.
Berdasarkan informasi, sebelum terjadi longsor, hujan deras mengguyur Kecamatan Donomulyo. Guyuran hujan yang cukup lama itulah, akhirnya membuat tanah di tebing jalan tidak kuat menahan air, sehingga longsor. 
Dari pengecekan lokasi oleh petugas ini, diketahui  bila air hujan menggerus sebagian badan jalan dan jembatan penghubung sekitar empat meter. Namun demikian, jalan masih bisa dilintasi kendaraan baik motor dan mobil. 
“Itupun harus berhati-hati karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Kalau tidak segera diperbaiki, kemungkinan akan semakin parah. Dan pada malam hari sangat membahayakan," terangnya kepada Malang Post.
Menurut warga, jalan itu sangat vital bagi kedua penduduk Desa Purwodadi dan Desa Donomulyo. Mereka berharap, ada bantuan dari Pemkab Malang untuk segera mengatasi longsor tersebut agar tidak longsor seluruhnya. 
Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, dikonfirmasi mengatakan masih belum mendapat laporan. Pihaknya langsung memerintahkan anggotanya untuk mengecek lokasi longsor. 
“Kami belum menerima laporan. Biasanya kalau ada laporan bencana, langsung dilaporkan pada kami. Tetapi sampai sekarang tidak ada laporan,” katanya kemarin.  Ia juga belum bisa menyampaikan soal perbaikan jalan dan jembatan akibat tanah longsor. 
Kalau longsoran tanahnya kecil, dikatakannya akan diperbaiki dengan gotong royong.  “Namun kalau perbaikannya membutuhkan dana besar, akan kami koordinasikan dengan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang,” paparnya. (agp/mar)
 
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :