Bangun 300 Jamban Masyarakat Berpenghasilan Rendah


MALANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mendapat Program Hibah Air Limbah Setempat tahun 2018 senilai Rp 900 juta dari Kementerian Keuangan, kemarin. Dana hibah sebesar itu digunakan untuk membangun jamban yang sasaranya adalah 300 Sambungan Rumah milik Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
Penyerahan Program Hibah Air Limbah Setempat 2018 ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian yang dilakukan Direktur Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Ubaidallah bersama Wakil Bupati (Wabup) Malang Drs H M Sanusi MM. Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan di Hotel Arya Duta Jakarta.
Turut mendampingi Wabup Malang, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM. Selain Kabupaten Malang, dua daerah lainnya yang mendapatkan program Hibah Air Limbah Setempat Tahun 2018, yakni Kabupaten Sidoarjo dan Kota Payakumbuh.
Kepala DPKPCK Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM mengatakan, program Hibah Air Limbah Setempat selain membangun jamban juga sekaligus dibangun septiktank. “Pembangunan tersebut guna mendukuung program pemerintah pusat yakni universal akses 100-0-100 dan akses sanitasi yang baik,” ujarnya kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, untuk pembangunan jamban tersebut konstruksi pembangunan disesuaikan dengan format dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Pembangunan jamban bisa dilakukan saat rehab rumah tidak layak huni milik warga masyarakat berpenghasilan rendah pada kesempatan Bina Desa,” terangnya.
Camat Tajinan ini melanjutkan, pembangunan jamban dalam rangka memberikan fasilitas sanitasi yang memadai bagi masyarakat. Selain itu, sekaligus juga untuk meminimalisir aktivitas masyarakat membuang air di sungai. Melalui penyediaan jamban yang baik, maka akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.
“Program pembangunan jamban ini juga sekaligus untuk pelestarian lingkungan,” terangnya. Dia mengatakan, melalui pembangunan jamban tersebut juga sebagai bentuk komitmen Pemkab Malang dalam memberikan fasilitas sanitasi berupa mandi, cuci dan kakus yang memadai bagi masyarakat.(big/lim) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...