Bantu Masyarakat, Bangun Puskesmas Rp 2,8 M

 
MALANG – Masyarakat Malang Barat khsusnya di Kecamatan Ngantang segera memiliki fasilitas kesehatan yang lebih memadai. Setelah sebelumnya sudah dicanangkan pembagunan RSUD Tipe D memiliki spesialis penanganan bencana alam, kali ini dibangun Puskemas senilai Rp 2,8 M di Desa Waturejo, Kecamatan Ngatang.
Pembangunan puskesmas tersebut, lantaran lahan puskesmas lama digunakan untuk pembangunan RSUD Tipe D. Pembangunan fasilitas medis bagi masyarakat ini, dikerjakan PT Citra Prima Selaras dengan waktu pengerjaan 135 hari. Sedangkan anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017 Dinkes Kabupaten Malang.
Kepala Dinkes Kabupaten Malang, dr H Abdulrachman MKes mengatakan, lokasi pembangunan Puskesmas ini sangat strategis. Lantaran berada di pinggir jalan provinsi. “Sebelumnya Puskesmas ini akan dibangun di Desa Ngantru. Akan tetapi, ada suatu hal kemudian kami pindah ke sini dan letaknya strategis,” ujarnya kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, selain letaknya sangat strategis, nantinya banyak masyarakat yang tercover oleh layanan Puskesmas ini. “Masyarakat semakin mudah mendapatkan layanan kesehatan. Apalagi di sekitar Puskesmas ini banyak rumah masyarakat dan wilayahnya sudah padat penduduk,” terang Gus Dur panggilan akrabnya.
Selanjutnya, dia merinci beberapa keunggulan Puskesmas ini. Selain buka 24 jam dan melayani rawat inap, juga dikhususkan untuk penanganan pasien korban kecelakaan lalu lintas. Mengingat daerah tersebut memang sering terjadi kecelakaan lalulintas. Mengingat kondisi geografisnya yang berliku, curam, banyak juran dan berada di pegunungan.
“Sehingga, penanganan pasien korban kecelakaan lalu lintas menjadi lebih cepat lagi. Tidak perlu dibawa ke Batu atau Malang, cukup dibawa ke Puskesmas ini,” kata Gus Dur. Dia menyebut, bahwasanya Puskesmas ini memiliki peralatan yang lengkap. Seperti oksigen dan operasi ringan bagi korban kecelakaan lalu lintas.
Selain itu, nantinya juga terdapat UGD untuk tindakan darurat. Sedangkan yang tidak kalah pentingnya yakni tenaga medis berupa dokter dan perawat yang memadai. “Keberadaan Puskesmas ini kedepannya sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di Kecamatan Ngantang ini,” pungkasnya. (big/bua)

Berita Terkait

Berita Lainnya :