Banyak Masyarakat Belum Miliki Dokumen Kependudukan


KEPANJEN - Dispendukcapil Kabupaten Malang, mensinyalir masih banyak warga yang belum memiliki dokumen kependudukan seperti E-KTP, KK dan Akta Kelahiran. Dispendukcapil mendorong masyarakat mengurus dokumen kependudukan melalui program Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Ir Sri Mecharini MM mengatakan, GISA merupakan program pemerintah pusat. “Terutama bertujuan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” katanya.
Melalui program ini, diharapkan masyarakat sadar pentingnya dokumen administrasi kependudukan. Dia menjelaskan, program ini diluncurkan sejak awal tahun 2018, yang mengatur seluruh masyarakat harus memiliki dokumen kependudukan.
Hal ini sebagaimana amanat UU Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas UUNomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, maka Kemendagri mengeluarkan instruksi tersebut. “Tentunya yang di daerah wajib melaksanakan instruksi ini, termasuk di Kabupaten Malang,” tegas dia.
Mantan Kepala Bapenda Kabupaten Malang ini memaparkan, GISA merupakan gerakan nasional dalam upaya membangun kesadaran masyarakat di tingkat desa dan kelurahan yang sadar administrasi kependudukan.
Terlebih, kata dia, masih banyak penduduk kabupaten Malang yang belum mengurus dokumen kependudukan. “Terutama yang berada di desa-desa maupun di pelosok, banyak yang belum memiliki dokumen,” ujar wanita berhijab ini.  Ada empat program dalam upaya mendukung GISA.
Diantaranya program sadar kepemilikan dokumen kependudukan, pemutakhiran data kependudukan, pemanfaatan data kependudukan. Sedangkan yang terarakhir yakni pelayanan data kependudukan untuk mencapai masyarakat yang tertib administrasi.
“Melalui Gerakan ini sekaligus sebagai upaya pendataan masyarakat. Sehingga, nantinya diketahui ada berapa masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan, termasuk mengklasifikasikan jenis dokumen apa yang belum dimiliki,” tutup dia. (big/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :