Bapenda Segera Bagikan SPPT PBB


MALANG - Badan Pendaparan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang mulai mencetak SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk disebarkan kepada masyarakat, pertengahan bulan Februari mendatang.
“Sebagian SPPT PBB sudah tercetak. Nanti disebarkan saat kegiatan Pekan Panutan Pajak bulan Februari mendatang,” kata Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Purnadi. Penyebaran SPPT PBB diberikan langsung ke Kades dan Lurah.
“SPPT ini merupakan dasar warga untuk membayar PBB. Nominal pembayaran pajak tercantum dalam S PPT itu,” ungkapnya. Dia juga mengatakan, dari SPPT yang tercetak mengalami kenaikan antara 5-10 persen.
“Kenaikan ini berdasarkan NJOP. Jadi ada itungannya, tidak kita yang buat sendiri," tambah Purnadi. Pria ini juga mengaku akan menyosialisasikan SPPT PBB ini agar kesadaran warga untuk membayar PBB makin meningkat.
“Jika kesadaran warga meningkat, maka target pendapatan dari sektor PBB pun dapat terealisasi,” tambahnya. Mantan Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang itu, mengaku pihaknya melakukan pendataan ulang objek pajak.
Ini dilakukan karena banyak objek pajak yang sudah berubah bentuk. Dari yang semula hanya sebidang tanah, sekarang sudah berdiri bangunan di atasnya. Atau  dulu tanah dengan bangunan satu tingkat, sekarang berubah menjadi dua tingkat.
“Adanya perubahan objek tersebut itu, maka nilai pajaknya pun berubah. Jelas lebih mahal, biaya pajaknya. Dan ini sekarang yang masih kami data lagi oleh petugas-petugas di lapangan,” tandasnya. (ira/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :