Belum Diperbaiki, Jalan Bunut Wetan Rusak Parah


MALANG - Kondisi Jalan Raya Bunut Wetan, Pakis kian memprihatinkan. Sejak beberapa bulan terakhir, aspal di jalan ini tak hanya terkelupas. Tapi badan jalan yang menghubungkan Pakis dan Tumpang ini juga dipenuhi banyak lubang.
Alhasil, masyarakat yang melintas di jalan ini harus ekstra hati-hati. Terutama saat malam hari, dimana penerangan di jalan tersebut juga sangat minim. Marzuki, 45, salah satu warga mengatakan jika, rusaknya Jalan Bunut Wetan ini sejak beberapa bulan lalu.
Awalnya hanya aspalnya  saja yang terkelupas. Namun demikian karena tak segera dilakukan perbaikan, kerusakan pun semakin parah. “Kalau tidak salah setelah hari raya tahun lalu sempat ada perbaikan,” ungkapnya.
Aspal yang terkelupas ditambal. “Tapi nambalnya seperti setengah hati sehingga rusak lagi. Apalagi kendaraan yang melintas di jalan ini banyak kendaraan besar,” kata dia lagi. Tak  lebih dari  dua bulan, tambalan aspal itu kembali mengelupas.
Dan kerusakannya pun semakin parah. Ditambah lagi saat ini musim penghujan, sehingga membuat kerusakan di jalan ini semakin menjadi. “Kami sudah melaporkan ke kecamatan. Tapi sampai sekarang belum ada perbaikan,” kata penjual buah di jalan itu.
Rasa kecewa juga diucapkan Abdul Hadi, salah satu warga. Dia menyesalkan kurang tanggapnya pemerintah terhadap pembangunan infrastruktur. Lebih-lebih menurut Abdul Hadi, Jalan Raya Bunut Wetan merupakan akses menuju wisata Bromo, Tengger, Semeru.
“Pemkab Malang selalu menggaungkan peningkatan pariwisata dan melakukan perbaikan infrastruktur. Tapi faktanya, di sini jalannya masih rusak,” ujar dia. Pria berusia 60 tahun itu, juga mengatakan Pakis merupakan gerbang masuk wilayah Kabupaten Malang.
“Di kawasan ini juga terdapat bandara Abd Saleh. Sudah sepatutnya pembangunan di kawasan ini menjadi prioritas, terutama dalam hal infrastruktur,” terangnya. Camat Pakis, Armando Hasiholan Matondang mengatakan pihaknya sudah mengusulkan perbaikan itu.
“Sebetulnya tak hanya Jalan Bunut Wetan yang rusak, tapi sampai Pasar Pakis. Sudah kami ajukan ke Dinas PU Bina Marga,” kata dia. Menurutnya, tim Sapu Lobang Dinas PU Bina Marga sudah melakukan perbaikan di beberapa titik wilayah Pakis.
Tapi  belum sampai menyentuh Jalan Bunut Wetan. Dia mengakui sebagai pintu gerbang Kabupaten Malang sudah seharusnya wilayah Pakis menjadi prioritas pembangunan. Terutama untuk sarana jalan. Dia berjanji untuk segera merealisasikannya. (ira/mar)

Berita Terkait